Liburan Lebaran ke Perairan, Ini Imbauan Satpolair Polres Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam momentum libur lebaran, Satpolair Polres Purwakarta, terus memberikan mengimbau kepada pengguna jasa transportasi di perairan khususnya kepada para Nahkoda Perahu.

Imbauan yang diberikan kepada nahkoda dan penumpang perahu yang berwisata di Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata agar mentaati kewajiban dan melengkapi alat-alat keselamatan saat berlayar.

Kepala Satpolair Polres Purwakarta, AKP Jajang Sukandar, mengatakan hal ini menjadi salah satu kekhawatiran akan terjadinya musibah seperti kecelakaan di air. 

Baca Juga:  12 Tahun Berlalu, Tsunami Tetap Ancam Pangandaran

Seperti kapal/orang tenggelam/hilang, tubrukan Kapal dan kejadian-kejadian lainnya yang dapat mengakibatkan korban jiwa maupun materil.

“Maka dari itu kami terus berikan imbauan kepada masyarakat yang tengah beraktivitas di wilayah perairan, seperti pengunjung dilarang berenang,” kata ucap Jajang, pada Minggu (16/5/2021).

“Pengelola jasa penyewaan wahana air agar selalu mengawasi para penyewanya tidak melebihi kapasitas penumpang dan kami juga mengimbau para nahkoda serta penumpang selalu gunakan alat keselamatan dan keamanan perairan seperti pelampung juga ring buoy,” sambung dia.

Baca Juga:  Belajar dari Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi Minta Simpatisan Jokowi-Ma’ruf Hindari Euforia

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga memberikan himbauan kepada para pengunjung obyek wisata agar selalu menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

“Untuk penerapan protokol kesehatan terus kami gencarkan, sesuai arahan Kapolres Purwakarta, Bapak AKBP Ali Wardana,” jelas Jajang.

Tak hanya itu, Satpolair Polres Purwakarta juga memberikan memberikan pelampung dan ring buoy kepada para pemilik perahu agar selalu digunakan. 

Baca Juga:  Video Viral Sepasang Bocah Beradegan Dewasa, Ini Kata KPAID Tasikmalaya

Satpolair Polres Purwakarta terus konsisten membagikan masker kepada masyarakat yang beraktivitas ataupun berlibur di wilayah perairan waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata.

“Tak pernah lelah, kami terus mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan budayakan pola hidup sehat serta menghindari kerumunan,” katanya.

“Disiplin pada diri sendiri, di mana pun kita berada untuk kita semua. Semoga pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya. (Gin)