Menteri Luar Negeri Indonesia Minta OKI Bersatu Wujudkan Kemerdekaan Palestina

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kembali mengingatkan agar komitmen Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dalam mendukung kemerdekaan Palestina dan segera mengambil langkah untuk mewujudkannya.

Sebelumnya, para menteri luar negeri dari negara anggota OKI telah melakukan pertemuan luar biasa untuk membahas agresi Israel terhadap Palestina. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 16 menteri serta menteri luar negeri negara-negara anggota OKI dan konferensi yang diinisiasi Arab Saudi itu digelar secara virtual pada Minggu (16/5/2021)

Baca Juga:  Tarik Investasi Skala Besar, Ridwan Kamil Minta Pemkot Tasikmalaya Maksimalkan Konsep Ekonomi Tamu

Retno mengatakan, OKI harus memastikan adanya persatuan di antara negara-negara anggota OKI. Serta diantara semua pemangku kepentingan di Palestina.

“Tanpa persatuan, OKI tidak akan mampu menjadi penggerak bagi dukungan internasional untuk Palestina. Di saat yang sama, bangsa Palestina hanya bisa mencapai cita-citanya untuk merdeka apabila mereka bersatu,” kata Retno dikutip Rmol.id, Senin (17/5/2021).

Baca Juga:  Yana Apresiasi dan Ucapkan Terimakasih Untuk Warga Yang Jaga Kebersihan Kota Bandung

Dia menjelaskan, OKI harus mengupayakan terciptanya gencatan senjata segera. Pasalnya, semua tindakan kekerasan harus dihentikan secepat mungkin.

“Saya menyerukan agar masing-masing negara OKI menggunakan pengaruhnya masing-masing, menggunakan pengaruh yang mereka miliki untuk mendorong gencatan senjata secepatnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, Retno juga meminta supaya OKI harus tetap fokus membantu kemerdekaan bangsa Palestina. Dalam hal ini, OKI harus berupaya lebih keras mendorong dimulainya kembali negosiasi multilateral yang kredibel, yang berpedoman pada parameter-parameter yang disetujui secara internasional dan demi tujuan mencari perdamaian berdasarkan prinsip solusi dua negara.

Baca Juga:  Ema Sumarna Optimis Masa Darurat Sampah di Kota Bandung Selesai Desember 2023

“Perjuangan untuk mendukung kemerdekaan Palestina masih jauh dari selesai. Persatuan negara OKI, saya tekankan lagi, harus terus kita jaga untuk mendukung perjuangan Palestina,” tandasnya. (Red)