Pemkab Bandung Buka Ribuan Untuk Formasi PPPK dan CPNS 2021, Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bandung membuka sebanyak 2.543 untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 yang terdiri dari tenaga pendidikan dan Kesehatan.

“PPPK khusus tenaga pendidikan, untuk CPNS-nya dibagi, nakes sebanyak 394 dan tenaga teknis 98,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Wawan Ridwan dilansir dari Detik.com Pada Senin (17/05/2021)

Baca Juga:  Igbonefo Ajak Bobotoh Patuhi Protokol Kesehatan, Pandemi Belum Berakhir

Ia juga mengatakan keseluruhan ada 2.051 formasi bagi PPPK dan 492 bagi CPNS.

Selain itu, Wawan mengatakan masih banyak honorer dan PHL yang bekerja di instansi pemerintahan khususnya guru. Wawan mendorong agar honorer maupun PHL untuk mendaftar PPPK dan CPNS.

Honorer masih ada, dia menambahkan bahwa jumlahnya di Kabupaten Bandung itu yang termasuk PHL itu kita kira 4.000 an. Mereka boleh daftar PPPK bagi tenaga pendidikan dan PNS. Selama sesuai dengan syarat dan formasi.

Baca Juga:  Indikator Makro Jabar Membaik, Laju Produk Domestik Regional Bruto Naik 8,77 Juta

Meski begitu, jumlah yang diberikan tersebut masih jauh dari kebutuhan pegawai di Kabupaten Bandung. Wawan menyebutkan, kebutuhan pegawai masih kurang sekitar seribu hingga 500 pegawai.

“Artinya itulah formasi yang kita terima dari Kemenpan RB. Kita tidak bisa dalam posisi mengajukan kembali,” ucapnya.

Baca Juga:  Hendak Munggahan di Kampung Halaman, Rombongan Minibus Toyota Terlibat Tabrakan

Menurut Wawan di tengah pandemi COVID-19 kebutuhan untuk tenaga kesehatan masih belum merata. Untuk itu, jumlah tenaga kesehatan dimaksimalkan di seleksi CPNS tahun ini.

Rencananya, kata Wawan, pembukaan pendaftaran PPPK dan CPNS 2021 akan dibuka pada awal Mei atau awal Juni nanti. Nantinya, pendaftar dapat mengunjungi sscasn.bkn.go.id untuk melakukan pendaftaran. (Red)