Keren! Dokter Puskesmas di Cianjur Ciptakan Lagu Tentang Vaksin, Ini Kisahnya

JABARNEWS | CIANJUR – Kisah Heroik seorang dokter yang menjabat Kepala Puskesmas (Kapus) Cianjur kota, yaitu Kapus Cianjur Kota dr Gusnady Rama Anggita, bikin lagu dan video klip berjudul Akhirnya Vaksin Datang hingga peduli sosial.

Satu diantaranya dirinya pernah menolong bantu seorang ibu mendadak pingsan di depan Pendopo Pemkab Cianjur, Jalan Siliwangi, Kecamatan Cianjur kota.

Diketahui, identitas seorang ibu pingsan ditolongnya dan sempat gegerkan warga setempat, dan para pejalan kaki melintas yaitu Titin Sumarni (45) Kampung Ciajag RT 2 RW 1, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.

“Pingsan cukup lama, hampir sekitar satu jam lebih. Apalagi di masa pandemi Covid-19, masyarakat takut atau khawatir terpapar begitu. Tapi ibu ini hanya pingsan kecapean saja,” kata Kepala Puskesmas (Kapus) Cianjur Kota dr Gusnady Rama Anggita, Senin (17/5/2021).

Baca Juga:  Hujan Mengguyur Tanpa Henti, Ribuan Rumah di Serdang Bedagai Terendam Banjir

Ia menuturkan, tidak apa-apa hanya penurunan kesadaran saja, dan mungkin seorang ibu kelelahan habis belanda atau ada sesuatu dipikirkan. Jadi istilahnya ada penurunan kesadaran (pingsan), terjadi pada seseorang sama sekali tidak boleh dianggap sepele.

“Nah, kondisi ini terjadi ketika seseorang seketika tidak sadar. Dan, kalau pingsan jangan dulu puasa, karena sakit,” katanya, makanya kasih minum dulu biar sadarkan diri.

Karena otak kekurangan pasokan darah, masih jelas dr Anggi, pertolongan pertama yang tepat sangat dibutuhkan untuk orang dengan kondisi ini. Pertolongan pertama pada orang mengalami penurunan kesadaran harus dilakukan dengan cermat.

“Bila tidak, kondisi ini bisa berujung fatal. Karena terkadang pingsan bisa disebabkan gangguan bersifat serius juga,” ujar dan singkat Kapus Cianjur kota tersebut, dan ibu ini masih beruntung hanya sebatas penurunan kesadaran saja.

Baca Juga:  Pelajar yang Hina Nabi Muhammad di Sukabumi Diperiksa Polisi, Ini Faktanya

Bahkan, selain itu seorang dokter di Kabupaten Cianjur ini, di masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat warga sosialisasi pelayanan dan ajakan protokol kesehatan (Prokes) seorang dokter sekaligus Kepala Puskesmas (Kapus) Cianjur Kota, dr. Anggi.

Saat ini, dr. Gusnady Rama Anggita akrab disapa dr Anggi. Bersama vocal grup Puskesmas Cianjur kota, membuat lagu dan video klip berjudul Akhirnya Vaksin Datang.

“Video bisa dilihat di YouTube Puskesmas Cianjur Kota, dan YouTube Gusnady Rama Anggita,” kata Kapus Cianjur Kota dr Anggi kepada JabarNews.com, Senin (17/5/2021).

Baca Juga:  Peringatan! Status Gunung Anak Krakatau Siaga Level III, Dilarang Mendekat

Judul lagu: Akhirnya Vaksin Datang

Lirik: dr Gusnady Rama Anggita

Musik, Fery Mahkota.

Dr Anggi berkolaborasi dengan Fery Mahkota bikin sebuah lagu tentang vaksinasi Covid-19.

Kepala Puskesmas (Kapus) Kecamatan Cianjur dr dr Gusnady Rama Anggita mengatakan, lagu tersebut bergenre pop, bercerita tentang permasalahan selama masa pandemi Covid-19.

“Akhirnya vaksin Covid-19 datang, sebagai sebuah harapan baru buat masyarakat,” katanya.

Terakhir, ia menambahkan, tapi ada pesan edukasi juga dalam lagu tersebut. Supaya jangan takut divaksin, karena aman dan halal.

“Setelah divaksin tetap patuhi protokol kesehatan (Prokes) 3M yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” ajak Kapus Cianjur kota ini. (Mul)