Kenali Hendi Prio Santoso, Orang Nomor Satu di Semen Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) yaitu Hendi Priyo Santoso saat ini tengah menjadi perbincangan hangat. Sebab prestasinya belakangan ini memang cukup membanggakan dimana mantan Dirut PT PGN ini berhasil didapuk sebagai The Best CEO BUMN dalam kategori Public Company Non-Financial Sector with Asset Above 15T.

Penghargaannya tersebut diterima Hendi Priyo Santoso pada 30 November 2020 secara virtual. Sebagai orang nomor satu di Semen Indonesia, rupanya prestasi dari pria kelahiran Jakarta, 5 Februari 1967 ini bukan itu saja.

Ia juga telah membawa PT Semen Indonesia Tbk menjadi pemenang The Most Resilient BUMN dalam kategori Public Company Non-Financial with Asset Above 15T.

Melihat banyak prestasinya tersebut, tak heran jika Hendi Priyo Santoso diangkat sebagai orang nomor satu di PT. Semen Indonesia untuk kedua kalinya pada 19 Juni 2020 lalu.

Baca Juga:  Warga Miskin Di Cianjur Tidak Lagi Dapat Layanan Kesehatan Gratis

Hal tersebut disepakati dalam rapat umum pemegang saham tahunan atau RUPST, setelah sebelumnya Hendi Priyo Santoso telah memimpin PT. Semen Indonesia sejak September 2017. Hendi akan kembali memimpin Semen Indonesia pada lima tahun ke depan atau hingga tahun 2022 yang akan datang.

Profil Hendi Prio Santoso Dan Perjalanan Karirnya

Profil Hendi Prio Santoso sebelumnya dikenal sebagai mantan Dirut PT PGN. Rupanya jika dilihat dari perjalanan karier seorang Hendi Prio Santoso bisa dikatakan sangat gemilang. Karirnya dimulai pada tahun 1990-1991 di PT. Bank Niaga, kemudian Hendi menjalani karir di Citibank NA pada 1991-1996.

Selanjutnya pada tahun 1996, Hendi Prio Santoso didapuk sebagai Vice President PT Perdana Multi Finance. Hingga kemudian karirnya terus menanjak di tahun 1996-1998 ia dipercaya sebagai Direktur Pengembangan PT. Perdana inti Investama. Lalu berlanjut pada tahun 1998 – 2001 menjadi Associate Director di PT. Bahana Securities.

Baca Juga:  Keterisian BOR RS Rujukan Covid-19 0 Persen, Kabupaten Ciamis Masih Berstatus PPKM Level 3

Lalu kemudian di 2001-2004, Hendi diangkat sebagai Direktur PT. Anugra Cipta Investama. Karier Hendi Prio Santoso masih berlangsung di sektor swasta pada periode 2004-2007 dimana Hendi menjabat sebagai Direktur Investment Banking PT. JP Morgan Securities Indonesia. Lalu menduduki Direktur Keuangan di PT yang sama sejak Mei 2007.

Setelah itu, karier Hendi Prio Santoso mulai memasuki BUMN tepatnya di PT. PGN. Hendi menjabat sebagai Direktur utama menggantikan Karen Agustiawan. Meskipun namanya pada saat itu belum santer terdengar, namun prestasinya sudah sangat membanggakan.

Dimana pada tahun 2011, di bawah kepemimpinannya PT. PGN (Perusahaan Gas Negara) Tbk dapat memperoleh laba bersih hingga 5.93 triliun rupiah. Semenjak saat itu, nama Hendi Prio Santoso mulai dikenal di pemerintah pusat. Hendi sendiri sudah menjabat direktur utama PT. PGN sekitar 9 tahun lamanya, yaitu pada Juni 2008 hingga Mei 2017.

Baca Juga:  Untuk Pemulihan Ekonomi, Pemprov Jabar Bukan Kembali Wisata Legendari Di Bogor

Tak heran jika seorang Hendi sempat disebut pada bursa ESDM 1 sebagai calon Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral saat pembentukan Kabinet Indonesia Maju pada tahun lalu.

Hendi Prio Santoso telah membuktikan kepemimpinannya yang sangat baik di sektor BUMN dengan bukti penghargaan The Best CEO sebagai orang nomor satu atau Direktur Utama dari PT. Semen Indonesia Persero, Tbk. Hingga mampu mengantarkan Semen Indonesia menjadi yang terbaik sebagai perusahaan terbuka BUMN di sektor non finansial.

Bahkan meskipun berada di masa pandemi Covid 19 seperti saat ini, di bawah kepemimpinan Hendi Prio Santoso, PT SIG bisa mencapai pertumbuhan yang sangat bagus. (Red)