Balik ke Jakarta, 84 Pemudik Terkonfirmasi Positif Covid-19

JABARNEWS | JAKARTA – Sebanyak 84 pemudik balik ke Jakarta dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka ketahuan positif Covid-19 di Pos penyekatan arus balik mudik Polda Metro Jaya.

Jumlah itu diketahui dalam rentang waktu dua hari. Ke-84 pemudik yang positif Covid-19 tersebut ditemukan dalam operasi yang digelar pada 16-17 Mei.

“Jumlahnya yang positif 84 orang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, dilansir dari Suara.com, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga:  Masih Banyak Yang Belum Sadar Bahaya Penyakit Diabetes, Berikut Tanda-tandanya

Dalam dua hari tersebut tercatat ada 15.024 pemudik yang telah menjalani tes usap antigen di 14 titik penyekatan arus balik Polda Metro Jaya.

Pemudik yang terkonfirmasi reaktif Covid-19 itu saat ini tengah menjalani isolasi. Sebanyak 46 pemudik di antaranya menjalani isolasi mandiri, 33 dirujuk ke Wisma Atlet dan rujukan lain 5 orang.

Baca Juga:  Agar Tidak Menyusut, Begini Cara Mencuci Baju Bahan Rayon

Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14 titik pemeriksaan surat keterangan bebas Covid-19 yang juga menyediakan layanan tes usap (swab) antigen gratis.

Pos tersebut disiapkan setelah diterapkan kebijakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta wajib mempunyai surat keterangan bebas Covid-19.

Baca Juga:  Hindari Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkab Tasikmalaya Minta Warga Perketat Prokes

Apabila pemudik tidak mempunyai surat keterangan bebas Covid-19, maka yang bersangkutan akan diarahkan petugas untuk melakukan swab antigen di pos-pos yang sudah disediakan.

Pemudik yang negatif Covid-19diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju Ibu Kota. Sedangkan yang positif akan dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani tes usap PCR. (Red)