Live Stream Bandung 132 TV


Begini Sejarah Singkat Lagu Indonesia Raya Sebagai Lagu Kebangsaan

Teks Lagu Indonesia Raya (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Lagu Indonesia Raya merupakan sebuah lagu kebangsaan negara Indonesia. Dahulu lagu ini diciptakan oleh seorang tokoh yang bernama Wage Rudolf Soepratman atau biasa dikenal dengan sebutan W.R Soepratman.

Dahulu lagu ini diperkenalkan pertama kali pada tanggal 28 Oktober 1928 pada saat Kongres Pemuda II di Batavia. Lagu ini menandakan kelahiran pergerakan nasionalisme seluruh nusantara di Indonesia yang mendukung ide satu "Indonesia" sebagai penerus Hindia Belanda, daripada dipecah menjadi beberapa koloni.

Baca Juga:

Pemkot Bandung Raih Penghargaan Ajeg & Pinunjul

Ridwan Kamil Sebut Vaksinasi Penentu Menurunnya Kasus Kematian Covid-19



Lalu, lagu Indonesia Raya ini dipilih sebagai lagu kebangsaan ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Namun pada saat menjelaskan hasil Festival Film Indonesia (FFI) 2006 yang kontroversial dan pada kompas tahun 1990-an, Remy Sylado, seorang budayawan dan seniman senior Indonesia mengatakan bahwa lagu Indonesia Raya merupakan jiplakan dari sebuah lagu yang diciptakan tahun 1600-an berjudul Lekka Lekka Pinda Pinda.

Kaye A. Solapung, seorang pengamat musik, menanggapi tulisan Remy dalam Kompas tanggal 22 Desember 1991. Ia mengatakan bahwa Remy hanya sekadar mengulang tuduhan Amir Pasaribu pada tahun 1950-an.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Lagu Indonesia Raya Sejarah Lagu Indonesia Raya Lagu Kebangsaan WR Soepratman Jabarnews Berita Terkini

berita terkait

[INFOGRAFIS] Aturan Untuk Perjalanan Domestik PPKM Jawa-Bali

Sandiaga Uno Kunjungi Sentra Vaksin di Depok, Begini Pesannya

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi