Begini Cara Aman Mengatur Keuangan Bagi Driver Gojek

JABARNEWS | BANDUNG – GoTo merupakan salah satu Program dari hasil kolaborasi antara GoJek dan Tokopedia yang digadang-gadang akan mempermudah pengadopsian teknologi digital oleh UMKM, yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan bagi para driver Gojek.

Seperti diungkapkan CEO GoTo, Andre Soelistyo, di Kontan 18 Mei 2021, mitra driver Gojek berpeluang untuk mendapatkan penghasilan lebih tinggi dari sebelumnya dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia.

Peningkatan pendapatan tentu bisa menjadi peluang emas bagi para mitra Gojek untuk meningkatkan kesejahteraannya. Namun, tentunya harus ada perencanaan keuangan yang baik di saat penghasilan bertambah.

Berikut ini adalah tips dari lifepal.co.id untuk perencana keuangan bagi mereka yang memiliki pekerjaan utama sebagai driver online seperti mitra GoTo diantaranya yakni:

Baca Juga:  Karena Ini, Ratusan Kader Pemuda Pancasila Gelar Aksi di Kantor DPRD Serdang Bedagai

Pertama. Buat Daftar Pengeluaran Keuangan – Dengan membuat daftar pengeluaran bulanan Anda secara detail mulai dari pengeluaran wajib (pembayaran pajak atau cicilan utang), pengeluaran kebutuhan sehari-hari (seperti biaya makan, operasional rumah, atau sewa rumah), serta pengeluaran yang bersifat keinginan.

Dengan mengetahui besaran pengeluaran dengan baik, Anda bisa mengetahui berapa batas dana darurat, uang pertanggungan asuransi jiwa, hingga dana pensiun yang Anda butuhkan.

Kedua. Siapkan Dana Darurat – Mengingat fungsi dari dana darurat adalah untuk membayar segala kebutuhan yang bersifat darurat sekaligus memitigasi risiko berkurang atau hilangnya penghasilan.

Saat pencari nafkah kehilangan pekerjaan atau sumber pendapatan, bisa dikatakan pula bahwa tujuan lain dari memiliki dana darurat adalah agar kita tidak “berhutang” ketika mengalami pengurangan atau kehilangan penghasilan.

Baca Juga:  Yana Mulyana dan Ema Sumarna Incar Panggung Politik di Kota Bandung? Oded M Danial Buka-bukaan Soal Ini

Ketiga. Lindungi Keluarga dengan Cara Asuransi – Risiko pekerjaan sebagai driver online cukup besar. Meski Anda mendapat fasilitas berupa asuransi kecelakaan dari GoTo, tapi plafon yang diperoleh terbatas.

Seiring dengan bertambahnya penghasilan Anda, tidak ada salahnya untuk menambah manfaat perlindungan berupa asuransi kecelakaan diri lantaran risiko akan kecelakaan di jalan raya memang cukup tinggi.

Selain melengkapi diri dengan perlindungan terbaik dari asuransi jiwa, Anda tentu harus melindungi keuangan Anda dari risiko finansial ketika Anda menjalani rawat jalan atau rawat inap di rumah sakit.

Keempat. Lakukan Investasi Yang Sesuai – pekerjaan Anda sebagai driver online cukup berisiko. Hindari berinvestasi sebelum Anda memiliki dana darurat dan proteksi untuk diri sendiri dan keluarga, bila Anda adalah pencari nafkah.

Baca Juga:  Wisata Hit Yang Bisa kalian Kunjungi Di Dago Bandung

Jika Anda memiliki pemahaman yang cukup baik terhadap instrumen investasi, masih di usia produktif, profil risiko investasi agresif, dan tujuan finansial yang sudah terpetakan, silakan saja untuk berinvestasi di instrumen tinggi risiko jika Anda mengharapkan imbal hasil yang tinggi.

Namun, jika Anda belum memulai investasi dan masih tergolong awam, maka pilihlah instrumen keuangan yang rendah risiko atau yang bisa memberikan pendapatan tetap.

Bila Anda adalah memiliki profil risiko konservatif atau cenderung menghindari risiko investasi, simpanan deposito atau reksa dana pasar uang tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk investasi jangka pendek. (Red)