Anne Ratna Mustika: Bangkitkan Rasa Persatuan dalam Membangun NKRI

JABARNEWS | PURWAKARTA – dikan momentum Hari Kebangkitan nasional untuk bangkitkan rasa persatuan dan kesatuan dalam membangun NKR.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Jadikan momentum ini untuk bangkitkan rasa persatuan, dan kesatuan dalam membangun NKRI, agar kita bisa bangkit dari keterpurukan di masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Anne Ratna Mustika dalam akun instagramnya @anneratna82, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga:  Pemprov Jabar Dorong Perempuan Kembangkan Perekonomian Di Jawa Barat

Anne Ratna Muustika pun turut menyerukan tajuk Hari Kebangkitan Nasional yang di peringati ke 113 di tahun 2021.

“Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh,” ujarnya.

Untuk diketahui, penetapan Hari Kebangkitan Nasional merujuk pada tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo, 20 Mei 1908.

Baca Juga:  Pangdam III Siliwangi Terima Bantuan Ambulance dari Pemkab Purwakarta

Pada 20 Mei 1908, Dr Wahidin Soedirohoesodo bersama tiga mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) mendirikan organisasi Boedi Oetama.

Mengutip Harian Kompas, 19 Mei 1973, ketiga mahasiswa itu adalah Soetomo, Gunawan Mangunkusumo, dan Suraji yang telah lama mengagumi dr Wahidin melalui majalah Retno Dumilak.

Baca Juga:  Tiga Jenis Sofa Ini Cocok Digunakan Di Rumah Minimalis

Pendirian organisasi ini sekaligus menandai kebangkitan nasional Indonesia. Sebab, sejarah Indonesia sejak saat itu memasuki babak baru, yaitu pergerakan nasional.

Artinya, semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia mulai lahir saat itu. (Red)