Prajurit Yonarmed 9 Pasopati Kostrad Gelar LTPT dalam Suasana Ramadhan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Suasana puasa sama sekali tak menghalangi aktivitas ratusan prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Daratan (TNI AD) dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, yang menggelar Latihan Tim Pelaksana Tembakan (LTPT) di kawasan Bumi Indah City (BIC), Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jumat (7/5/2021).

LTPT ini merupakan program sepanjang tahun yang wajib diikuti seluruh prajurit TNI AD. Untuk itu latihan yang bertujuan melatihkan kemampuan dari unsur-unsur satuan tembak Armed ini akan digelar selama 6 hari, tentunya dengan menomorsatukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Komandan Latihan, Lettu Arm Muhammad Yunaz mengatakan bahwa kegiatan tersebut rencananya akan berlangsung selama enam hari. Selain teori, latihan tersebut juga diselingi dengan adanya simulasi hingga praktek.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 14 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Gemini dan Cancer

“Kami memulai latihan ini dari Kamis (6/5/2021), jadi hari ini merupakan hari kedua. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan prajurit sesuai kelompoknya dalam hubungan tim pelaksanaan tembakan,” tutur pria yang akrab disapa Yunaz.

Dijelaskannya, latihan kali ini pihaknya menggunakan 12 pucuk meriam 155/GS Caesar, yang diikuti 120 prajurit dan terbagi menjadi 6 seksi.

“Materi yang dilatihkan adalah penyiapan meriam hingga siap tembak dan drill penembakan oleh masing-masing meriam,” ucap Yunaz.

Ditempat yang sama, Komandan Batalyon (Danyon) Armed Pasopati Kostrad, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, menambahkan bahwa pelatihan yang berlangsung di satuannya saat ini, lebih cenderung di fokuskan terhadap prosedur dan kerjasama teknis antar kelompok.

Baca Juga:  Tujuh Manfaat Buah Srikaya, Mulai Kesehatan Kulit hingga Jantung

Kerjasama itu, kata Andi, sangat berkaitan sekaligus memiliki pengaruh penting terhadap pelaksanan tugas pada kelompok lainnya.

“Dalam melaksanakan suatu tugas pertempuran, kesisteman satuan Armed itu dapat di ibaratkan menghubungkan 3 hal penting yaitu: Mata, Otak dan Tangan Pemukul,” beber Andi.

Danyon menambahkan, dengan berjalannya sistem koordinasi dan kerjasama diantara unsur-unsur tersebut, maka tembakan yang dahsyat dapat dilaksanakan dengan terukur, tepat sasaran, efektif dan efisien.

“Tentunya dengan berjalannya prosedur teknis kesisteman yang baik akan mampu menghasilkan tembakan yang optimal untuk menghancurkan musuh,” ucap Andi

Meskipun menjelani ibadah puasa Ramadhan, lanjut dia, namun tidak sedikitpun menyurutkan semangat prajurit TNI AD dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, untuk tetap melakukan latihan.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Wilayah Jabodetabek Hari Ini, Bogor Hujan, Bekasi Cerah

“Walaupun dalam keadaan puasa prajurit TNI tetap melaksanakan latihan. Puasa bukan menjadi penghalang buat kami melakukan latihan-latihan seperti ini. Bahkan, puasa dijadikan pendorong agar bisa latihan lebih baik lagi,” jelas Andi.

Perlu diketahui, sebagai satuan yang memiliki Alutsista tercanggih dan modern TNI AD, Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad diwajibkan untuk terus meningkatkan kemampuan dan ketrampilan, baik kolektif maupun perseorangan dalam mewujudkan satuan Armed yang handal dan profesional.

“Untuk itu teruslah berlatih, jangan pernah berhenti berlatih, karena kesejahteraan yang paling hakiki bagi prajurit adalah latihan. Latihan itu sangat penting, pasalnya tanpa latihan, tak ada prajurit yang hebat,” pesan Letkol Arm Andi Achmad Afandi. (Gin)