Banjir di Sekitar Pasar Panorama Lembang, Tinggi Air Lebih dari 50 Cm

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Jalanan di sekitar Pasar Panorama Lembang banjir hingga lebih dari 50 centimeter, setelah hujan deras beserta angin kencang melanda wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (21/5/2021).

Akibat banjir tersebut, arus lalu lintas dari arah Cikole menuju arah Bandung yang melalui Jalan Panorama sempat lumpuh. Banyak pengendara roda dua dan roda empat yang menghentikan kendaraannya, karena menunggu genangan air surut.

Sebagian kendaraan yang memaksa melintas, akhirnya mogok di tengah jalan lantaran terendam banjir sehingga terpaksa didorong. Warga sekitar pun membantu mendorong kendaraan yang mogok terjebak banjir.

Baca Juga:  Aturan Baru Pembuatan SIM, Listyo Sigit Prabowo Bilang Begini

Seorang warga Lembang, Gunawan (38) mengatakan, banjir langsung menyergap kawasan di sekitar Pasar Panorama Lembang begitu hujan deras turun. Air tak mampu ditampung drainase di sekitaran kawasan Pasar Panorama Lembang. 

“Pas hujan deras, tadi itu banjir sempat lebih dari 50 centimeter. Kalau sekarang setelah hujannya reda agak surut, tapi surutnya itu lama karena saluran drainase yang jelek,” kata Gunawan.

Menurut dia, banjir di sekitar Pasar Panorama Lembang diperparah dengan hanyutnya sampah yang ikut terbawa oleh luapan air di saluran drainase. Sampah yang sebelumnya menyumbat saluran drainase itu akhirnya membuat air banjir jadi kotor dan bau. 

Baca Juga:  Dapat Dukungan Dari NU, Airin Rachmi Diany Siap Maju di DKI 1

“Bisa dilihat sendiri, sampah-sampah yang menyumbat drainase semuanya hanyut terbawa banjir. Jadi banjir ini juga, karena masyarakat banyak yang buang sampah sembarangan,” bebernya. 

Warga yang lain, Whisnu (28) mengatakan, banjir di sekitaran Pasar Panorama Lembang memang selalu terjadi setiap kali hujan deras turun. Meski begitu, dia menilai, banjir kali ini menjadi yang terparah.

Baca Juga:  Hore! Jokowi Akan Beri Gaji Korban PHK Selama Enam Bulan

“Biasanya air banjir itu sampai masuk ke bangunan toko, apalagi yang posisi tokonya cukup rendah. Walaupun banjirnya enggak lama, pemerintah seharusnya bisa mengatasi banjir di Lembang,” katanya.

Selain bercampur dengan sampah, banjir yang menggenangi sekitaran Pasar Panorama Lembang juga berwarna kehitaman dan mengeluarkan bau tak sedap. 

Air banjir itu bercampur dengan limbah dari Pasar Panorama Lembang yang terbuang ke saluran drainase di depan pasar. (Yoy)