Tumpukan Sampah Menggunung di Aliran Sungai Cilebut Bogor, Ini Langkah DLH

JABARNEWS | BOGOR – Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengangkut 30 ton sampah dari Kali Baru di Cilebut, Sukaraja, Bogor, pada Jumat (21/5).

“Total sampah yang diangkat hari ini sebanyak kurang lebih 30 ton, besok Sabtu dilanjut (pengerukkan sampah),” ungkap Sekretaris DLH Kabupaten Bogor, Anwar Anggana usai pengangkutan sampah.

Baca Juga:  Ini Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan, Diantaranya Berpotensi Melawan Kanker

Menurutnya, tumpukan sampah yang menggunung di aliran sungai tepian Jalan Raya Cilebut itu diangkut menggunakan 15 truk dengan muatan masing-masing dua ton.

Meski sudah seharian melakukan pengerukan sampah di Kali Baru, tapi ia memperkirakan masih tersisa 4 ton sampah di lokasi yang sempat dibersihkan langsung oleh Istri Presiden RI, Iriana Joko Widodo pada 2019 silam.

Baca Juga:  Datangi Kantor Komnas HAM, Ajudan Ferdy Sambo Dimintai Keterangan Terkait Kejadian Baku Tembak

“Besok cukup dua dump truk lagi (untuk angkut sampah), kurang lebih 4 ton akan diselesaikan besok Sabtu. Total sampah seluruhnya sekitar 34 ton,” terangnya.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Matangkan Data Penerima Bantuan Dampak Covid-19

Sementara, untuk penanganan jangka panjang, kata Anwar, DLH Kabupaten Bogor mendapatkan bantuan keuangan dari Pemerintah DKI Jakarta.

“Salah satunya untuk membeli alat pengangkut sampah di Kali Baru dan kami sedang membuat perjanjian kerja sama dengan Kostrad Cilodong untuk menangani Kali Baru,” kata Anwar. (Red)