Waspada, Ini Desa di Purwakarta Yang Rawan Longsor

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Di musim hujan, tujuh dari lima belas Desa yang ada di Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta menjadi titik rawan terkena bencana alam. 

Lima diantaranya seperti Desa Pasir Angin, Nangewer, Sirnamanah, Gunung Hejo, dan Legoksari merupakan willayah rawan longsor. Sementara Desa Depok dan Mekarsari rawan terjadi angin puting beliung.

Baca Juga:  Pengusaha Tahu Tempe Mogok Produksi, Disperindag Jabar: Lebih Baik Naikkan Harga

“Belum lama ini bencana alam longsor dan rumah warga tersambar petir terjadi di Desa Nangewer. Tapi alhamdulilah dalam peristiwa itu tidak ada korban,” ujar Kepala bagian Ketentraman dan Ketertiban Umum (Kasi Trantib) Kecamatan Darangdan, Dadang Supriatna, Selasa (31/10/2017).

Baca Juga:  Lima Pasar Tradisional di Jalur Pantura Indramayu Ini Jadi Titik Kemacetan saat Mudik

Ia menjelaskan, Kecamatan Darangdan adalah salah satu wilayah di Kabupaten Purwakarta yang masuk dalam kategori rawan bencana alam. Sebab selain berada di dataran tinggi juga kondisi tanah cukup labil saat diguyur hujan.

Mengetahui diwilayahnya rawan terjadi bencana alam, pihaknya tak pernah bosan memberikan himbauan kepada warga melalui Kepala Desa (Kades) agar selalu waspada saat turun hujan. 

Baca Juga:  Dinsos Cianjur Geber Bangun Pelayanan di Tiap Desa Melalui Puskesos, Tapi Terkendala Ini

“Kita informasikan ketiap kades agar tetap waspada dan jika terjadi bencana alam di wilayah masing-masing segera laporan ke pihak Kecamatan,” ucapnya. (Rhu)

Jabar News | Berita Jawa Barat