Hujan Semalam Picu Banjir Hebat di Kabupaten Bandung, Ini Dampaknya

JABARNEWS I BANDUNG – Hujan deras yang turun sejak Senin malam (24/5/2021) hingga dini hari menyebabkan ribuan rumah warga di Kabupaten Bandung kebanjiran pada Selasa (25/5/2021).

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, banjir menyebabkan pemukiman warga di empat kecamatan tergenang banjir 

Keempat kecamatan itu ialah Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Bojongsoang, dan Kecamatan Margahayu.

Baca Juga:  Sirnalanggeng Semakin Sirna

Banjir tersebut menyebabkan 4.165 rumah warga, delapan tempat ibadah, dan dua sekolah tergenang di Kecamatan Dayeuhkolot. 

Menurut BPBD Kabupaten Bandung, jumlah warga terdampak banjir di wilayah kecamatan itu mencapai 5.761 keluarga.

Sebanyak 4.439 rumah warga dan sejumlah fasilitas umum juga kebanjiran di Kecamatan Baleendah, tempat banjir berdampak pada 8.624 keluarga.

Baca Juga:  Pemuda Bantarujeg Kampanyekan Paslon Lewat Obrog

Di samping itu, banjir menggenangi 118 rumah di Kecamatan Bojongsoang dan 20 rumah di Desa Sayati, Kecamatan Margahayu.

Dilansir dari Antara, BPBD Kabupaten Bandung menyatakan bahwa banjir secara keseluruhan berdampak pada 59.819 warga di Kabupaten Bandung.

Banjir juga menyebabkan sebagian jalan raya tergenang dan mengganggu lalu lintas kendaraan. “Tidak bisa dilalui,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung, Ahmad Johara.

Baca Juga:  Sederet Artis Nasional Siap Meriahkan HUT Cimahi Ke-18

Menurut data BPBD Kabupaten Bandung, banjir membuat Jalan Raya Ciparay-Dayeuhkolot, Jalan Andir-Katapang, Jalan Raya Depan Metro, dan Jalan Cigebar-Cijagra tergenang setinggi 70 sampai 100 cm. (Red)