Begini Cara Mengatasi Peretasan Data Pribadi Pada Hp Android

JABARNEWS | BANDUNG – Handphone (HP) Android merupakan ponsel favorit banyak orang. Tak heran jika para penjahat siber atau hacker rajin menyasar perangkat itu untuk beragam kepentingan, dari mencuri data penting, membobol kartu kredit ataupun aktivitas mata-mata.

Karena itu, sangat penting untuk mencegah smartphone tetap aman dan terbebas dari tangan jahil yang ingin menggunakan data pribadi buat sesuatu yang jahat, mencegah peretasan dan lainnya.

Ada beberapa cara untuk melindungi Hp kalian dari agar aman dari tindakan pembobolan data pribadi yang dilakukan oleh peretas atau hackers diantaranya yakni:

Baca Juga:  Pelatih Vietnam Sebut Bermain dengan Timnas Indonesia Penuh Drama

Pertama. Periksa Aplikasi – Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk menghindari peretasan data pribadi yakni mulailah dari daftar aplikasi yang diinstal. Telusuri dengan cermat dan segera menghapus apapun aplikasi yang tidak digunakan.

Selain menambah kapasitas ruang penyimpanan di hp android, hal ini dapat meningkatkan kinerja (memori tidak bekerja secara optimal pada kapasitas yang penuh). Lainnya, masa pakai baterai pun akan lebih meningkat jika beberapa aplikasi yang tidak terpakai dihapus.

Baca Juga:  Kapolri Sindir Begal Anak Kapolresta Bandung Belum Ditangkap

Kedua. Rajin Update – Untuk terhindar dari peretasan pada Hp android yang kedua yakni pastikan ponsel kalian up to date dengan pembaharuan firmware sistem operasi terbaru yang akan menjaga ponsel kalian terlindungi dari ancaman terkini.

Jadi jangan malas, langsung saja update jika ponsel Android memberi pembaharuan software paling anyar. Biasanya update akan diberitahukan secara otomatis. Tapi tidak ada salahnya sekali-sekali mengecek di setting untuk melihat apakah ada update terbaru.

Baca Juga:  Polri Bagikan Tips Nikmati Libur Nataru dengan Nyaman dan Aman, Simak Disini!

Ketiga. Download Password Manager – Langkah atau cara ketiga untuk menghindari Hp Android kalian dari peretasan data pribadi yang dilakukan oleh para hacker adalah dengan mendownload Password manager.

Download aplikasi Password Manager akan sangat membantu mengontrol password yang kita gunakan di banyak layanan. Password manager dapat menyarankan password yang kuat dan memantau apakah kalian memakai password yang sama di website lain. Selain itu bisa pula memantau semua gadget yang kita pakai serta browser. (Red)