Difasilitasi BMKG, Wisatawan di Lembang Saksikan Gerhana Bulan

JABARNEWS I BANDUNG BARAT – Masyarakat yang ada di sekitaran wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, memadati objek wisata Lereng Anteng untuk menyaksikan fenomena alam Gerhana Bulan Total, Rabu (26/5/2021). 

Pengamatan gerhana bulan di Lereng Anteng sendiri difasilitasi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung. Sejak siang masyarakat sudah berjubel menantikan fenomena astronomi tersebut. 

Baca Juga:  Sudah Lima Tahun Lebih, Pembebasan Lahan PLTA Cisokan Masih Bermasalah

Ramdhan (33), warga Kota Bandung, menyebut jika mengamati fenomena gerhana bulan secara langsung ketimbang virtual lebih berkesan. Apalagi pengamatan kali ini dilakukan di objek wisata Lembang. 

“Sebetulnya kebetulan sedang wisata ke sini, bawa keluarga. Ternyata ada pengamatan gerhana oleh BMKG, ya jadi pengalaman yang berkesan karena baru pertama kali lihat langsung,” ujar Ramdhan.

Baca Juga:  Cara Nonton Konser Kpop Virtual Agar Lebih Seru, Yuk Simak

Beruntung cuaca di kawasan wisata Lembang sendiri sedang mendukung. Meskipun tak terlihat terlalu jelas, namun setidaknya ada setitik cahaya gerhana yang bisa dilihat anak-anaknya secara langsung. 

“Kebetulan anak-anak saya belum pernah melihat gerhana secara langsung. Jadi ini kesempatan yang berharga buat mereka, sebagai bahan pembelajaran juga,” bebernya. 

Baca Juga:  Sungai Terbendung Longsor, Luapan Air Rendam Perumahan di Ciputat

Sementara itu, BMKG Bandung sendiri melakukan pengamatan Gerhana Bulan Total dengan menggunakan teropong Vixen Sphinx ED80SF. 

Bagi masyarakat yang tidak sempat datang dapat menyaksikan proses gerhana secara live melalui https://www.bmkg.go.id/gbt. 

Gerhana kali ini beriringan dengan terjadinya Perige yakni waktu ketika bulan berada di jarak terdekatnya dengan bumi. (Red)