Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Karo, Getaran Terasa Sampai Aceh

JABARNEWS I KARO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis terjadi gempa tektonik berkekuatan magnitudo 4,9 guncang Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (26/5/2021) pukul 20.38 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan, episenter gempa tektonik terletak pada koordinat 2.95 Lintang Utara dan 98.36 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 23 km Barat Daya, Karo di kedalaman 120 km.

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi.

Baca Juga:  Mayjen Besar Harto Gantikan Andi Perkasa Jadi Pangkostrad

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Subulussalam, Aceh Selatan,” terangnya.

Terpisah, Pusdalops BPBA Aceh, Heryanto membenarkan guncangan gempa tektonik 4,9 di Kabupaten Karo, dirasakan masyarakat Aceh Selatan. Namun belum laporan kerusakan bangunan disebabkan guncangan gempa tektonik tersebut yang diterima BPBA Aceh.

“Guncangan gempa tektonik dirasakan masyarakat Aceh Selatan, tapi untuk laporan kerusakan bangunan belum ada,” ucapnya, Kamis (27/5/2021).

Kata dia, BPBA Aceh melalui BPBD Aceh Selatan akan melakukan pemantauan dengan koordinasi dengan pihak Kecamatan dan Desa untuk mendapat laporan apakah dampak gempa tektonik tersebut ada ke masyarakat maupun bangunan.

Baca Juga:  DPRD Jabar Minta Pemprov Perbanyak Program Pemberdayaan Masyarakat

“BPBA Aceh terus melakukan pemantauan terjadinya gempa-gempa di wilayah Sumatera maupun Aceh, untuk mengetahui dampak disebabkan gempa ke masyarakat,” ujar Heryanto.

Ia minta, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Baca Juga:  Kemenhub: Penyesuaian TBA Pesawat Tengah Dikaji

“Jangan menerima informasi yang belum jelas bekebarannya, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id),” bilangnya. (Ptr)