Uu Ruzhanul Ulum Dorong Generasi Muda Jabar Tingkatkan Kemampuan Literasi

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendorong generasi muda di Jabar untuk intens meningkatkan literasi. Tujuannya supaya generasi muda di Jabar dapat menjawab tantangan dunia dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Apapun era dan zamannya, kita tetap menginginkan sebuah generasi yang hebat, generasi yang kuat dan generasi yang multidimensi. Khususnya dalam rangka Jabar Juara Lahir Batin yang ada di Jawa Barat untuk meneruskan estafet kepemimpinan, estafet pemerintahan, dan estafet pembangunan,” kata Uu Ruzhanul Ulum saat membuka Rapat Koordinasi Daerah via konferensi video di Rumah Singgah Wagub Jabar, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga:  Heboh! Nelayan di Serdang Bedagai Temukan Bayi dalam Tas Ransel, Kondisinya Bikin Menyayat Hati

Salah satu syarat terwujudnya Indonesia Emas 2045 adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Untuk menjadi SDM yang unggul, lanjut Uu Ruzhanul Ulum, generasi muda Jabar harus meningkatkan kemampuan literasi secara intens dan konsisten.

Baca Juga:  Bey Machmudin Beberkan Kondisi Terkini Pasca Gempa Sumedang, Kebutuhan Pengungsi Dipastikan Aman

“Supaya generasi muda yang akan memimpin di tahun 2045 memiliki kemampuan yang hebat dan memiliki keahlian,” ucapnya.

“Kita pun jangan melupakan konsep generasi muda yang akan datang sesuai dengan Nawacita yaitu Pendidikan Karakter terkait moral dan akhlak yang bersumber pada ukhrawi,” tambahnya.

Baca Juga:  Terbaru Berikut Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bandung Kamis, 26 Mei 2022

Uu Ruzhanul Ulum pun mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusipda) Jabar yang terus berinovasi dalam meningkatkan literasi generasi muda. Salah satunya dengan menggagas program Makan Jengkol (Mari Kita Antar Jemput Buku dengan Kolaborasi).

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar berupaya memperbaiki perpustakaan di pesantren. “Sehingga kemampuan literasi generasi muda di Jabar terus meningkat,” tutupnya. (Red)