Berikut Manfaat Dari Bunga Tapak Dara, Diantaranya Mengobati Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Caranthus roseus (L.) G. Don atau yang lebih dikenal dengan tapak dara atau Madagascar periwinkle merupakan tanaman tropis setinggi 80–100 cm dengan bunga berwarna merah muda, ungu, dan putih.

Selain itu bunga ini juga bisa disebut sebagai tanaman yang serba bermanfaat. Pasalnya semua bagian tanaman tapak dara, seperti akar, bunga, daun, dan batangnya bisa dimanfaatkan sebagai obat alami.

Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat dari Bunga Tapak dara bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Ketangkap Basah Curi Sawit, 3 Warga Dolok Sergai Diamankan

Pertama. Mengobati penyakit kanker – Mengobati penyakit kanker adalah salah satu manfaat tapak dara yang cukup terkenal. Manfaat ini didapat dari jenis senyawa alkaloid yang bernama vinblastine dan vincristine, yang banyak terdapat di dalam daun dan batang tapak dara.

Vinblastine dan vincristine kerap digunakan sebagai senyawa aktif utama dalam kemoterapi guna mengobati berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, leukemia, limfosarkoma, koriokarsinoma, dan neuroblastoma.

Baca Juga:  Wabup & Puluhan Warga Tasikmalaya Ingin Merawat Kedua Anak Malang ini

Kedua. Menurunkan kadar kolesterol – Penelitian menyebutkan bahwa kandungan flavonoid dan vinpocetine yang terkandung dalam ekstrak daun tapak dara memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL).

Hal ini pada akhirnya dapat menurunkan risiko kalian mengalami penyakit akibat kadar kolesterol tinggi, seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit ginjal kronis.

Ketiga. Mengobati diare – Mengobati diare juga merupakan salah satu manfaat tapak dara. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak etanol dari daun tapak dara memiliki sifat antidiare yang baik, sehingga bisa membantu meredakan gejala dan mengatasi diare.

Baca Juga:  Waduh, Tumpukan Sampah Menggunung di Pantai Citepus Sukabumi

Kendati manfaat tapak dara untuk kesehatan cukup beragam, manfaat-manfaat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Selain itu, ada risiko efek samping yang perlu Anda waspadai di balik penggunaan tapak dara, seperti mual, muntah, rambut rontok, pusing, pendarahan, kejang, hingga kerusakan hati. (Red)