Cetak KTP Elektronik di Kota Cirebon Cuma Bisa Sampai Bulan Depan

JABARNEWS I CIREBON – Stok tinta untuk pencetakan KTP elektronik di Kota Cirebon, Jawa Barat, mulai menipis karena proses lelang yang lambat dan dikhawatirkan bisa mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat.

“Tinta print untuk cetak KTP elektronik hampir habis. Kita sudah lelang cepat, tapi sekarang belum ada, masih proses,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon Atang Hasan Dahlan di Cirebon, Jumat (28/5/2021), dikutip dari Antara.

Baca Juga:  Tiga Cara Agar Pohon Jadi Cepat Berbuah Tanpa Melukainya

Ia mengatakan tak hanya di Kota Cirebon, menipisnya stok tinta untuk pencetakan KTP elektronik juga terjadi di semua daerah di Jawa Barat karena proses lelang yang lambat sehingga pengadaan tinta juga mengalami keterlambatan.

Atang melanjutkan di Kota Cirebon sendiri saat ini stok tinta untuk cetak KTP elektronik hanya tersedia tinggal 10 ribbon saja, di mana satu ribbon kira-kira bisa mencetak 500 keping KTP elektronik.

Baca Juga:  Brimob Polda Jabar Pantau Tebing Rawan Bencana Longsor, Ini Imbauannya

“Sehingga stok yang ada hanya bisa untuk mencetak sekitar 5.000 keping KTP elektronik,” tuturnya.

Atang menambah daftar tunggu untuk pencetakan KTP elektronik masih banyak, karena setiap harinya data “Print Ready Record” (PRR) yang harus dicetak terus bertambah.

Baca Juga:  Ini Data Terkini Kasus PMK di Cirebon, Tinggal Puluhan Hewan Ternak yang Terinveksi

Dari keseluruhan data tersebut, Disdukcapil Kota Cirebon kata Atang, harus bisa minimal mencetak 250 keping dalam setiap harinya, belum lagi saat ini hanya dua mesin cetak yang beroperasi untuk mengejar target tersebut.

“Stok kita sampai akhir bulan menipis, sekarang pelayanan masih jalan, stok yang ada bisa sampai bulan depan saja,” katanya. (Red)