Tak Ingin Rambut Kalian Berketombe? Jangan Lakukan Kebiasaan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Ketombe adalah salah satu masalah yang paling umum terjadi pada rambut. Ketombe biasanya melanda pada usia remaja sampai usia paruh baya.

Dalam beberapa kasus, ketombe ternyata juga bisa bertahan seumur hidup lho Moms. Ketombe yang berupa flek-flek putih yang bersisik itu memang mengganggu.

Dilansir dari Michigan Medicine, ketombe umumnya disebabkan karena eksim atau infeksi jamur. Perubahan hormon atau perubahan cuaca juga bisa memperburuk masalah ketombe.

Baca Juga:  Tiga Tahun Lagi Skema Pensiun PNS Jadi Fully Funded

Oleh karena itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan munculnya ketombe:

Pertama. Cuci rambut terlalu jarang atau terlalu sering – Ketika kalian mencuci rambut terlalu jarang, sebum menumpuk di kulit kepala dan bersama keringat membentuk ketombe.

Di sisi lain, kalian juga tidak disarankan mencuci rambut terlalu sering karena menghilangkan minyak esensial di kulit kepala kalian. Padahal minyak esensial di kulit kepala bekerja menutrisi dan menguatkan rambut, maka sebaiknya mencuci rambut setiap dua atau tiga hari sekali.

Baca Juga:  Naik Level 3, Polres Serdang Bedagai Gelar Operasi Yustisi dan Penyekatan

Kedua. Tidak pakai kondisioner – Kebiasaan yang menyebabkan ketombe selanjutnya adalah tidak pakai kondisioner setelah memakai shampo. Ketika memakai sampo, sebenarnya kita juga menghilangkan sebum alami, selain kotoran dan residu lainnya.

Untuk mengembalikan sebum alami tadi, kalian membutuhkan kondisioner. Kondisioner juga menambahkan vitamin dan nutrisi ke rambut, meningkatkan kilau dan volume rambut, serta mencegah kekeringan.

Baca Juga:  Harcilnas, Program Berhadiah dari Adira Finance

Ketiga. Jarang sisiran – Kebiasaan yang menyebabkan ketombe selanjutnya adalah jarang sisiran. Padahal sisiran membuat sirkulasi darah berjalan lancar dan menyingkirkan kulit mati.

Tak hanya itu, sisiran juga menghilangkan kotoran di kulit kepala sehingga meminimalisir terjadinya ketombe. Sebaiknya, kalian sisiran dua kali sehari tetapi tidak perlu melakukannya secara berlebihan. (Red)