Dongkrak Pembangunan di Desa, Ini Kata Uu Ruzhanul Ulum Soal PABPDSI

JABARNEWS | KARAWANG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menilai kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Karawang berjalan baik.

Menurutnya, pengukuhan Pengurus Daerah Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Karawang, dapat mendongkrak kemajuan dan mempercepat tercapainya visi misi BPD Kabupaten Karawang.

“Sebenarnya BPD di Karawang ini sangat luar biasa, dengan adanya organisasi persatuan anggota BPD se-Jawa Barat termasuk di Karawang ini adalah salah satu kemajuan BPD sebagai alat untuk memperjuangkan kemajuan BPD itu sendiri,” kata Uu Ruzhanul Ulum di Aula Husni Hamid Pemkab Karawang, Sabtu (29/5/2021).

Baca Juga:  Pelaksanaan Pilkades, Pemkab Purwakarta Anggarkan 20 Milyar

Dia menjelaskan, PABPDSI harus dapat menjadi jembatan antara BPD dengan para kepala desa. Sebab fungsi organisasi ini yakni menjalin keharmonisan antara BPD dan kepala desa.

“Kalau ada anggota BPD yang kurang baik dengan kepala desa, maka pimpinan BPD harus turun. Kalau ada pimpinan BPD yang kurang harmonis dengan kepala desa, maka pengurus PABPDSI harus turun,” jelasnya.

Baca Juga:  PKS Targetkan Menang Pilkada Serentak di Beberapa Daerah Jabar

“Salah satu fungsi daripada organisasi ini adalah untuk menjalinkan keharmonisan antara BPD dan kepala desa,” imbuhnya.

Uu Ruzhanul Ulum berpesan kepada para Pengurus Daerah PABPDSI Karawang yang baru saja dikukuhkan, agar dapat memperkuat komunikasi yang sempurna dengan seluruh anggota BPD dan juga dengan pihak pemerintahan desa, sehingga kesamaan visi misi dapat terwujud tanpa adanya tumpang tindih tanggung jawab satu sama lain.

Baca Juga:  Bawa Narkoba, Pemuda Asal Balige Ditangkap Polres Pematang Siantar

“Pesan saya, para pengurus harus mampu berkomunikasi dengan seluruh anggota BPD di Kabupaten Karawang, karena kalau tidak mampu berkomunikasi maka tidak akan tahu apa yang menjadi harapan anggota BPD dan apa yang menjadi program BPD itu sendiri,” tuturnya.

“Yang dimaksud dengan komunikasi sempurna adalah program dari pemimpin masuk ke tingkat masyarakat atau ke anggota, serta keinginan para anggota bisa sampai ke pimpinan itu sendiri,” tutupnya. (Red)