Pedas Dan Lezat Tiga Sambal Khas Jawa Barat Ini Cocok Untuk Dicoba

JABARNEWS | BANDUNG – Makan lauk dan lalapan tak lengkap tanpa sambal. Di Jawa Barat ada sambal khas yang bikin makan nasi makin nikmat. Mulai dari sambal dadak hingga cibiuk.

Makanan Jawa Barat identik dengan rasa gurih dan pedas. Cukup makan dengan nasi hangat, ikan asin atau ayam goreng ditambah dengan sambal dan kerupuk sudah enak. Di Jawa Barat, ada beragam sambal enak yang banyak jadi favorit banyak orang.

Baca Juga:  MTQ ke-17 Sergai Ditutup, Tidak Ada Penambahan Pasien Covid-19

Oleh Sebab itu berikut beberapa sambal khas Jawa Barat yang pedas dan Lezat yakni:

Pertama. Sambal Oncom – Untuk sambal khas Jawa barat yang pertama yakni Sambal Oncom. Sambal oncom merupakan sambal yang terbuat dari oncom yang memiliki cita rasa gurih dan pedas.

Adanya tambahkan bumbu seperti rempah kencur, daun kemangi, dan bawang putih menjadikan sambal oncom memiliki rasa maupun aroma khas yang sangat menggugah selera.

Baca Juga:  Kesal Diteror Puluhan Tahun, Warga Tebing Tinggi Pasang Perangkap Tangkap Monyet Liar

Kedua. Sambal Cibiuk – Untuk Sambal Khas Jawa Barat yang kedua yakni Sambal Cibiuk. Sambal cibiuk yang dibuat dari bahan mentah seperti cabai rawit, tomat hijau, bawang putih, kencur, dan daun kemangi serta garam.

Karena menggunakan bahan mentah, sambal ini memiliki rasa dan aroma pedas menyengat. Sambal ini sangat lezat dan cocok untuk teman makan ayam goreng, ikan goreng ataupun daging goreng.

Baca Juga:  Ada 13 Titik Penyekatan di Perbatasan Kabupaten Bogor, Cek Lokasinya!

Ketiga. Sambal Dadak – Selain sambal Oncom dan Cibiuk, Sambal dadak merupakan salah satu sambal Khas Jawa Barat yang cukup terkenal dikalangan pecinta Kuliner pedas.

Sambal dadak ini menggunakan beberapa jenis bahan. Seperti cabai rawit, tomat, garam, terasi dan gula merah. Perasan air jeruk membuat sambal ini terasa segar dan harum. (Red)