Mengenal Beragam Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat Yang Merdu

JABARNEWS | BANDUNG – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang terkenal akan keragaman budayanya. Dari mulai baju adat, senjata hingga alat musik memiliki khasnya masing-masing.

Di Jawa Barat ada beberapa jenis alat musik yang terkenal Selain terkenal, alat musik ini merupakan salah satu alat musik Khas Jawa Barat yang memiliki suara yang begitu merdu untuk didengar.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa jenis alat musik khas Jawa Barat yang memiliki Terkenal di mancanegara yakni:

Pertama. Angklung – Alat musik kha Jawa Barat Yang terkenal di Mancanegara yang ke satu yakni Angklung. Beberapa pementasan seni di Jawa Barat biasanya alat musik satu ini turut berperan penting sebagai pengiring lagu.

Baca Juga:  Dadang Kurniawan: Refocusing Anggaran Hambat Pemulihan Ekonomi

Selain itu, alat musik angklung ini Terbuat dari bambu yang dipotong ujungnya serta dimainkan dengan cara menggoyangkannya, suara yang dihasilkan dari angklung ini berasal dari benturan badan pada bambu yang memiliki nada-nada.

Angklung itu sendiri dapat digolongkan sebagai alat musik idiofon atau alat musik tradisional yang mampu menghasilkan suara pada keseluruhan alat musik itu sendiri.

Kedua. Suling – Alat musik tradisional Jawa Barat lainnya yang tak kalah terkenal dari angklung adalah suling, yang juga sama-sama terbuat dari bahan dasar bambu. Sebenarnya, suling tak hanya bisa terbuat dari bambu saja, melainkan beberapa juga ada yang terbuat dari kayu.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 12 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Gemini dan Cancer

Suling memiliki lubang-lubang yang dapat mengatur nada. Sementara itu, cara memainkannya yaitu dengan cara ditiup. Jumlah lubang pada suling bervariasi, tergantung dari kebutuhan lagu yang tengah diiringi olehnya. Hanya saja, pada umumnya suling yang paling sering digunakan memiliki empat buah lubang.

Ketiga. Kacapi – Alat musik terakhir yang akan kita bahas di dalam kesenian tradisional khas Jawa Barat ialah kacapi. Kacapi merupakan salah satu jenis alat musik yang memiliki peran penting di dalam tembang Sunda. Apabila dilihat dari fungsinya, kacapi itu sendiri terbagi menjadi dua bagian ketika mengiringi musik tradisional Sunda, yaitu kacapi induk dan kacapi anak.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagitarius: Aturan Ini Memang Menyulitkan Tapi Ikuti Saja

Kacapi induk berperan dalam memulai musik, menentukan tempo, dan memiliki 18 – 20 buah senar. Sementara itu, kacapi anak berperan dalam mengiringi musik dengan frekuensi tinggi dan memiliki 15 buah senar saja. (Red)