Gebyar Hari Lanjut Usia Nasional, Lansia di Cianjur Disuntik Vaksin

JABARNEWS I CIANJUR – Tim tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Ciranjang melakukan penyuntikan vaksinasi Covid-19 terhadap warga sudah lansia usia (lansia). 

Penyuntikan vaksinasi Covid-19 itu untuk memberikan antibodi atau kekebalan tubuh kepada para lansia dari serangan Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 digelar sekitar pukul 09.00 WIB hingga selesai di Aula Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Senin (31/5/2021).

Baca Juga:  Over Populasi 1300 KJA Ditertibkan Kodam III/Siliwangi

Vaksinator UPTD Puskesmas Ciranjang, Briyan mengatakan telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis 1 untuk melindungi lansia. 

Penyuntikan vaksinasi Covid-19 kepada lansia itu sekaligus dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25 (Gerakan Nya’ah Ka Sepuh) di Cianjur.

“Pemberian vaksinasi untuk warga sudah lansia. Minimal bila sudah disuntik tubuh bisa kebal, dan terhindar dari terpapar Covid-19,” katanya.

Baca Juga:  Ini Penjelasan Kenapa Pemakaian Deodoran Lebih Baik Pada Malam Hari

Ia berharap dan mengajak, tapi tetap setelah divaksin harus patuh dan disiplin protokol kesehatan juga. Yaitu menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker (3M).

“Sebagai upaya untuk antisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19,” ujar dr. Briyan.

Sementara, masih ujarnya, warga sudah lansia registrasi sekitar 50 orang, divaksin 45 orang, yang tertunda nihil.

Baca Juga:  Calon Pengantin Wajib Tahu! Inilah Vaksin yang Disarankan Sebelum Menikah

“Selanjutnya yang batal 5 orang tidak disuntik,” singkat dr. Briyan.

Vaksinator UPTD Puskesmas Ciranjang menambahkan, untuk vaksin Sinovac stok nihil, dipakai hal sama nol. Dan, yang sisa juga tidak ada.

“Kemudian, untuk biofarm stok 124 vial, dipakai 7 vial, dan sisa 120 vial,” pungkasnya. (Mul)