Jabar Siaga 1 Covid-19, Ridwan Kamil Soroti Daerah-Daerah Ini

JABARNEWS I BANDUNG – Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi menggelar Rapat Virtual Komite Kebijaksanaan Penanganan Covid-19 wilayah Jawa Barat.

Rapat virtual itu dilaksanakan dari Ruang Siliwangi Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung Jawa Barat, Senin (31/5/2021).

Acara rapat tersebut hadir Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, Kajati Prov Jabar, Ketua DPRD Prov Jabar, Sekda Prov Jabar, Pejabat Utama Kodam III/Siliwangi dan Pejabat Utama Polda Jabar, serta Pejabat Gugus Tugas Covid- 19 lainnya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Capricorn, Aquarius dan Pisces: Anda Secara Sadar Ingin Mengevaluasi Diri Sendiri

Pada kesempatan tersebut, Panglima Kodam III/Siliwangi merasa prihatin atas terjadi penambahan pasien yang terpapar Covid-19, yang diduga karena libur lebaran dan ada tiga Kabupaten yang tingkat penyembuhan cukup lama. 

Begitu juga, untuk pengujian sampel yang masih kurang dan untuk zona merah ada 52 Desa/kelurahan yang ada di Jawa Barat. Selain itu, untuk kedisiplinan dalam melakukan prokes cukup menurun.

“Para Dandim, lakukan koordinasi dengan instansi terkait dan jangan bosan untuk memberikan sosialisasi tentang pentingnya prokes. Karena dengan menerapkan prokes bisa mencegah penularan Covid-19,” pesan Nugroho Budi Wiryanto.

Baca Juga:  Pj Gubernur ’Geber’ Pembangunan Infrastruktur

Hal yang sama dikatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, bahwa di wilayah Jawa Barat dinyatakan siaga satu, karena ada kenaikan di akhir pekan bulan Mei yakni kenaikan hingga 8 persen. 

Menurutnya kenaikan tersebut, dikarenakan imbas dari libur dan mudik yang bocor meskipun sudah diupayakan, ini harus dijadikan sebagai pembelajaran.

“Ada tiga Kabupaten kasus Covid-19 selalu tinggi dan sembuhnya selalu rendah, yaitu Kabupaten Cianjur, Bogor, dan Kabupaten Garut,” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga:  8 Khasiat Buah Kurma Muda untuk Kesehatan Tubuh

Dengan demikian, untuk Tim Satgas Covid-19 yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur, Bogor, dan Kabupaten Garut, agar memperhatikan, kenapa kasusnya begitu tinggi dan kesembuhan begitu rendah. 

Untuk segera dievaluasi apakah penularan kurang terantisipasi atau obat kurang maksimal, sehingga penyembuhan kasus penyembuhannya cukup lama.

Selain itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan ada beberapa daerah yang masih rendah dalam melaksanakan vaksinasi yaitu Kabupaten Sukabumi, Kuningan, dan Kabupaten Indramayu. 

Untuk wilayah tersebut masih kurang maksimal menurut jumlah vaksinasi yang sudah ditargetkan. (Red)