Update! Ini Jadwal Resmi Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

JABARNEWS I BANDUNG – Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan bahwa pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 belum dibuka pada 31 Mei 2021 hari ini.

Meski begitu, terdapat jadwal CPNS 2021 terbaru yang dirilis melalui akun resmi Panitia Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara 2021, yakni di laman sscasn.bkn.go.id.

Portal sscasn.bkn.go.id menjadi satu-satunya link pendaftaran CPNS dan PPPK 2021, karena pendaftaran dilakukan secara terintegrasi.

Dalam jadwal terbaru, terdapat jadwal pembukaan seleksi meliputi tahapan dari pengumuman lowongan, hingga pengumuman hasil kelulusan.

“Kebutuhan formasi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru mulai diumumkan tanggal 30 Mei sampai dengan 13 Juni 2021,” tulis laman resmi sscasn.bkn.go.id, dikutip pada Senin (31/5/2021).

Mengacu pada periode tahapan pengumuman lowongan tersebut, maka saat ini sebenarnya tahapan pengumuman lowongan CPNS dan PPPK 2021 sudah dibuka.

Baca Juga:  Jangan Sampai Salah! Begini Cara Sholat Sambil Duduk Ketika Sakit

Pada menu layanan informasi laman sscasn.bkn.go.id juga sudah terdapat sub menu info lowongan. Namun, menu info lowongan CPNS dan PPPK 2021 di laman resmi tersebut hingga saat ini belum bisa diakses.

“Pendaftaran seleksi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru dapat dilakukan mulai tanggal 31 Mei sampai dengan 21 Juni 2021,” tulis petikan pengumuman dalam laman resmi sscasn.bkn.go.id.

Lagi-lagi, tanggal pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 yang disebutkan dalam pengumuman tersebut dimulai pada hari ini yang seharusnya sudah dibuka.

Sebelumnya, BKN telah menegaskan bahwa pembukaan seleksi CPNS dan PPPK 2021 belum dimulai pada 31 Mei 2021. 

Dalam laman sscasn.bkn.go.id, juga terdapat informasi tambahan mengenai kapan pendaftaran CPNS 2021 dibuka.

“Setiap instansi mempunyai ketentuan masing – masing untuk waktu pendaftaran, pastikan kamu telah membaca pengumuman instansi yang kamu pilih,” demikian bunyi informasi di sscasn.bkn.go.id.

Baca Juga:  Satu Korban Kebakaran Kilang Balongan Dikabarkan Meninggal Dunia

Seleksi CPNS dan PPPK 2021 dipastikan disertai dengan tahapan seleksi administrasi setelah jadwal pendaftaran ditutup.

“Proses seleksi administrasi dan pengumuman hasil seleksi administrasi dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni sampai dengan 31 Juni 2021,” sebut sscasn.bkn.go.id.

Pada tahapan seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2021 ini, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan sanggahan terhadap hasil yang diumumkan. Karena itu, panitia menyediakan masa sanggah untuk para peserta.

“Masa sanggah hasil seleksi administrasi dapat dilakukan mulai tanggal 1 sampai dengan 11 Juli 2021,” sebutnya.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tes CPNS bakal melalui tahap ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Jadwal antara SKD CPNS 2021 dan jadwal SKD PPPK 2021 tidak dilakukan secara bersamaan.

Baca Juga:  Tiga Calon Direksi Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Bakal Dilantik Kamis Depan

Disebutkan dalam laman resmi sscasn.bkn.go.id, pelaksanaan ujian SKD CPNS bakal berlangsung mulai Juli sampai dengan September 2021.

Sedangkan pelaksanaan ujian SKD PPPK Non Guru mulai Juli sampai dengan September 2021 setelah pelaksanaan seleksi kompetensi dasar CPNS selesai.

Lantas kapan ujian SKB CPNS 2021 dilaksanakan? “Pelaksanaan ujian seleksi kompetensi bidang CPNS mulai September sampai dengan Oktober 2021,” tulis laman resmi sscasn.bkn.go.id.

Selanjutnya, tahapan terakhir yang paling ditunggu-tunggu para peserta adalah pengumuman kelulusan CPNS 2021.

Dalam laman sscasn.bkn.go.id dijelaskan, pengumuman kelulusan seleksi dan masa sanggah dilaksanakan pada November 2021. Adapun penetapan NIP CPNS dan Nomor Induk PPPK adalah pada Desember 2021. (Red)