BMKG Peringatkan Dini Potensi Hujan Kilat dan Angin Kencang, Termasuk di Jabar

JABARNEWS | JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, pada Selasa.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Selasa (1/6/2021) disampaikan terpantau siklon tropis di Samudera Pasifik Timur Filipina dengan kecenderungan intensitas meningkat dan bergerak ke arah barat laut.

Baca Juga:  Simak! Inilah Panduan Takbiran dan Salat Idul Fitri dari Kemenag

Sistem ini, dijelaskan BMKG, secara tidak langsung berdampak pada pembentukan daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang di perairan Laut Sulu, perairan utara Maluku Utara hingga

utara Papua Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konfluensi tersebut.

Baca Juga:  MUI Jabar Tegaskan Praktik Kawin Kontrak Adalah Haram

Disampaikan juga, Peningkatan kecepatan angin permukaan yang terinduksi dari keberadaan siklon tropis itu diprediksi mampu meningkatkan tinggi gelombang di perairan perairan utara Maluku Utara hingga utara Papua Barat.

Berdasarkan kondisi itu, BMKG memperkirakan wilayah yang memiliki potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat, yakni Aceh, Banten, Bengkulu, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur.

Baca Juga:  Mardani H. Maming: Dorong Pengusaha Muda Jadi Pemain Utama di Indonesia

Kondisi serupa juga terjadi di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Lampung, Maluku, Papua, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. (Red)