Pohon Tumbang Timpa Rumah di Garut, 20 Orang Diungsikan

JABARNEWS | GARUT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut mengungsikan 20 orang akibat rumahnya rusak tertimpa pohon tumbang di bantaran Sungai Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Sebanyak 20 jiwa sementara diungsikan keluarga terdekat, ke rumah saudaranya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan di Garut, Selasa.

Baca Juga:  Dokter Tifa Ngaku Siap Dipecat Hingga Ditodong Pistol Demi Vaksin Merah Putih

Ia menuturkan pohon yang sudah rapuh dan berusia tua itu tiba-tiba tumbang dan menimpa dua rumah yang dihuni empat kepala keluarga di Kampung Leuwidaun, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (31/5) malam.

Beruntung dalam peristiwa itu, kata Tubagus, tidak menimbulkan korban jiwa, hanya kerusakan pada bangunan rumah, kemudian penghuninya diungsikan ke rumah saudara yang aman dari ancaman bencana itu.

Baca Juga:  Ada 97 Titik Banjir di Kabupaten Bekasi, BPBD: Status Masih Siaga Bencana

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, cuman diungsikan,” katanya.

Ia menyampaikan pohon beringin berdiameter 100 sentimeter dan tinggi sekitar 20 meter itu menimpa rumah milik Sobar yang dihuni sembilan jiwa, kemudian rumah milik Eman Sulaeman yang dihuni sebanyak 11 jiwa.

Baca Juga:  Jabar Masih Jadi Penyumbang Tertinggi Angka Kematian Ibu Hamil

Kondisi rumah warga yang berada di bantaran sungai itu, kata Tubagus, dalam kondisi rusak berat, tim BPBD dan instansi lainnya sudah diterjunkan untuk membersihkan material rumah dan mengevakuasi pohon yang tumbang.

“Sekarang mau dibersihkan, sesuai dengan kesepakatan instansi yang terlibat Forkopimcam, Disdamkar, BPBD, dan masyarakat sekitar,” katanya. (Red)