Dadang Supriatna: Pendidikan Dini Sangat Penting, Khususnya Soal Pancasila

JABARNEWS | BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna menekankan pentingnya pendidikan mengenai dasar dan ideologi negara Pancasila sejak dini pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Karena pendidikan sejak dini lah yang sangat penting, khususnya (mengenai) Pancasila sebagai falsafah bangsa, yang memberikan kita pedoman dalam melaksanakan kehidupan, berperilaku, akhlak, saling menghormati dan menghargai sesama,” katanya dilansir dari Antara Selasa (1/6/2021).

Dia meminta Dinas Pendidikan menjadikan pendidikan Pancasila sebagai salah satu prioritas agar para siswa memahami nilai-nilai Pancasila serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Geram, Laporkan Penipu yang Catut Nama Anne Ratna Mustika

Ia mencontohkan, wujud dari pengamalan nilai-nilai Pancasila di antaranya menghargai orang tua, menghargai sesama, dan saling tolong menolong.

“Misalkan kita sedang jalan-jalan melihat paku atau ranting berduri, kita singkirkan agar tidak membahayakan orang lain, ini perilaku-perilaku yang akan membentuk karakter,” kata dia.

Baca Juga:  Tonton Debatnya, Jika Ada Pelanggaran Laporkan

Dia mengemukakan bahwa kemudahan-kemudahan yang dihadirkan oleh teknologi bisa membuat orang semakin individualis dan dalam kondisi yang demikian pendidikan mengenai Pancasila semakin penting.

Baca Juga:  Aneh, Air Kali Ini Mendadak Memerah

“Jangan sampai masyarakat terutama generasi milenial lupa diri, lupa identitas bangsa, yang pada akhirnya tidak ada rasa saling menghargai, itu yang bahaya,” katanya. (Red)