Diguyur Hujan Deras, Tiga Kecamatan di Tasikmalaya Diterjang Longsor

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Akibat hujan deras tebing setinggi 10 meter di Kampung Saribudi RT 02/09, Desa Banyurasa, Kecamatan Sukahening dan Kampung Sayuran Hilir RT01/01, Desa Padakembang, Kecamatan Padakembang serta di kampung Babakan Nangka Cigorowong Kabupaten Tasikmalaya longsor, Selasa (01/6/2021) malam.

“Tebing setinggi 10 meter itu longsor, diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya sejak sore hingga Dini hari tadi,” kata Personil Tagana Sarif.

Baca Juga:  One Way Diberlakukan di Tol Cipali Siang Ini

Menurutnya, longsoran tebing tersebut, menutupi badan Jalan Penghubung di Tiga Kecamatan yang berbeda diantaranya Desa Sukasetia jalan Baru Ciawi-Singaparna sepanjang 30 Meter tertutup material longsor dan runtuhnya tiang listrik.

“Sedangkan di kampung Sayuran Hilir longsor mengenai rumah warga masyarakat dengan jumlah dua Kepala Keluarga dengan lima Jiwa dan longsor terjadi di kampung Babakan Nangka Cigorowong Kecamatan Cisayong, Akses jalan menuju Desa Sukamukti tertutup longsor,” ucapnya.

Baca Juga:  Ini Yang Tidak Boleh Dilakukan Pemain Persib Bandung Selama Libur

Sarif mengungkapkan, longsor di tiga lokasi berbeda ini, tidak menimbulkan korban jiwa. Semua warga yang berada di rumahnya selamat sedangkan longsor yang mengenai badan jalan tidak ada warga yang melintasi jalur tersebut, karena semalam warga enggan melewati jalan tersebut karena rawan longsor.

Baca Juga:  Program Kartu Prakerja Berlanjut di 2021, Ini Harapan Moeldoko

“Upaya yang dilakukan petugas i semalam mengevakuasi semua korban yang terkena dampak longsor ketempat yang lebih aman serta menyelamatkan barang-barang yang bisa diselamatkan,” ungkapnya.

Sementara untuk material longsor yang memutus badan jalan dimungkinkan akan dilanjutkan Rabu pagi ini. “Di lokasi masih terjadi pergerakan tanah,” pungkasnya. (Red)