JMN Channel


Selama Mei 2021, Ada 55 Kali Gempa Bumi Guncang Jawa Barat

JABARNEWS | BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat sebanyak 55 kali kejadian gempa bumi telah mengguncang wilayah Jawa Barat selama bulan Mei 2021.

BMKG mencatat jumlah gempa bumi tertinggi terjadi pada tanggal 9 dan 24 Mei 2021 dengan total masing-masing sebanyak enam kali kejadian pada hari tersebut.

Baca Juga:

Viral Aksi Pelemparan Batu Ke Kereta API, PT KAI Siap Tempuh Jalur Hukum

Dua Mobil Kecelakaan di Tol Medan-Tebing Tinggi, Ini Penyebabnya



Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan dari peta distribusi epicenter gempa bumi periode bulan Mei 2021, terlihat 45 kejadian gempa bumi tersebar di selatan Pulau Jawa. Gempa bumi itu akibat dari subduksi pertemuan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

"Lalu ada sebanyak 10 gempa bumi terjadi di wilayah Jawa Barat dengan kedalaman dangkal sebagai aktivitas sesar lokal," ungkap Teguh dilansir dari detikcom, Rabu (2/6/2021).

Kedalaman gempa bumi yang terjadi bervariasi, yakni pada rentang 1 hingga 130 kilometer. Sedangkan untuk magnitudo gempa bumi terbesar yang tercatat pada rentang bulan Mei tersebut adalah 4,7 dan magnitudo terkecil yang tercatat adalah 2,0.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BMKG Gempa Jawa Barat Gempa Bumi

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi