Lantamal I Belawan Gandeng RSUP Adam Malik Medan Gelar Donor Darah

JABARNEWS | MEDAN – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) Belawan bekerja sama dengan Instalasi Transfusi Darah RSUP Adam Malik Medan melaksanakan kegiatan donor darah di gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I Jalan Serma Hanafiah Belawan Rabu, (02/06/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Lantamal I Belawan drg Yeti Trianti mengatakan, kegiatan donor darah ini diikuti sebanyak 105 orang calon siswa Taruna/taruni Akademi TNI Angkatan Laut dan calon siswa Tamtama PK Gel I Th.2021 dan juga prajurit TNI AL Lantamal I.

“Donor darah untuk membantu orang yang membutuhkan darah karena dalam keadaan sakit,” ucapnya.

Baca Juga:  Hari Ini, 850 Nakes di Jabar Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Kata dia, donor darah akan diserahkan untuk membantu menambah stok darah di instalasi tranfusi darah RSUP H Adam Malik yang semakin menipis karena situasi saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19 sehingga masyarakat takut untuk mendonorkan darahnya.

“Stok darah yang ada semakin berkurang, sementara kebutuhan darah pada pasien yang sedang sakit permintaan terus meningkat tajam di RSUP H Adam Malik,” ungkap drg Yeti.

Menurutnya, kerjasama ini sudah lama berlangsung antara Lantamal I dan RSUP H Adam Malik secara berkesinambungan dilaksanakan apabila ada pelaksanaan rekrutmen penerimaan calon prajurit TNI Angkatan Laut sekalian pemeriksaan darah lengkap untuk tes Kesehatan bagi calon siswa yang sedang mengikuti seleksi masuk TNI AL.

Baca Juga:  Terciduk Bawa 1,7 kg Sabu, Warga Aceh Diamankan Polisi

“Pelaksanaan kegiatan donor darah dilakukan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dengan tetap menggunakan masker, jaga jarak dan tidak berkerumun dan sebelum donor dilaksanakan pemeriksaan darah serta tensi pada pendonor,” bilangnya.

Terpisah, Kepala Instalasi Transfusi Darah RSUP H Adam Malik Dr Ida Adhayanti Sp, pk melalui Natalina S.Si berterimakasih kepada Lantamal I yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah karena sangat membantu menanggulangi kekurangan stok darah yang ada di RSUP H Adam Malik pada saat ini dengan situasi Pandemi Covid-19 sudah lama tidak melaksanakan donor darah.

Baca Juga:  TikTok Gandeng Tim Cek Fakta Hadapi Tantangan Misinformasi

“Kami berterimakasih kepada pihak Lantamal I yang menyelenggarakan donor darah dan kami sepenuhnya sangat mendukung kegiatan ini karena sangat membantu sekali untuk menanggulangi kekurangan stok darah yang ada di RSUP H Adam Malik,” ujarnya. (Ptr)