Ratusan Orang di Karawang Alami Keracunan, Diduga Berasal dari Gas Pabrik

JABARNEWS | KARAWANG – Ratusan orang di Kampung Cigempol, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, mengalami keracunan. Kejadian ini diduga keracunan gas dari cerobong pabrik yang bocor, Kamis (3/6/2021).

Gas beracun yang keluar dari cerobong asap milik PT Pindodeli Pulp and Paper Mills 2, yang terindikasi mengandung coustic soda.

Baca Juga:  Puskesmas Garuda Bantah Lakukan Malpraktek

Menurut Sekretaris Desa Kutamekar, Dayat, peristiwa keracunan terjadi sekitar pukul 12.39 siang. Saat itu warga sempat panik seusai mereka mengeluhkan sesak nafas dan pusing.

“Baunya menyengat sekali seperti detergen kemudian mereka sesak nafas dan merasakan kepala pusing,” kata Dayat.

“Kejadiannya sekitar jam 12 siang, bau banget. Mata terasa sakit dan napas sesak,” kata Sari (23), warga Dusun Cigempol, yang menjadi korban saat diwawancarai usai dievakuasi di kantor Desa Kutamekar, Karawang, Jawa Barat, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga:  PT.KAI Daop II Beri Penumpang Menu Buka Dan Sahur

Mengetahui warganya keracunan segera dievakuasi ke kantor desa dan memanggil petugas Puskesmas Ciampel untuk memeriksa kondisi kesehatan warga yang keracunan.

Baca Juga:  Dua Hari Ini Disdagin Kota Bandung Gelar Bazar Pangan Murah

Sementara warga yang pingsan dilarikan ke rumah sakit. Jumlah korban gas beracun terus bertambah hingga mencapai warga di RT 01 dan 02 Kampung Gempol.

“Kami meminta bantuan ambulans untuk menjemput warga yang keracunan di dalam rumahnya,” katanya. (Red)