Ridwan Kamil: 50 Persen Pak Anies, 50 Persen Pak Ganjar

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan hubungan secara personal dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga saat ini masih terjaga dengan baik.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa jalinan hubungan baik yang sama kepada kepala daerah yang lain tanpa ada hubungan Pilpres 2024.

“Entah mengapa oleh media, saling menyapa hari ini selalu ditafsir selalu ada hubungannya dengan (Pilpres) 2024. Padahal, sebelumnya juga sama. Kami masih WA-an. Pak Anies ulang tahun saya posting,” kata Ridwan Kamil ketika dihubungi wartawan, Kamis (3/6/2021), dinukil dari Antara.

Ridwan Kamil melanjutkan, “Dengan Pak Ganjar juga (Gubernur Jawa Tengah), saya main. Saling mengapresiasi ‘kan bagus daripada saling diam atau saling mengkritisi tanpa kejelasan. Budaya saling menguatkan sesama pemimpin harus dibangun.”

Baca Juga:  Islamic Nexgen Fest, Ajang Kreativitas Dan Karya Generasi Muslim Mellenial Indonesia

Menurut dia, budaya saling menguatkan antarpemimpin bisa berpengaruh positif terhadap masyarakat yang psikologis saat ini cenderung mudah bertengkar.

Di sisi lain, banyak kepala daerah, khususnya gubernur seperti Anies Baswedan maupun Ganjar Pranowo datang satu generasi yang sama dengan dirinya.

Hal ini diakui berpengaruh pada hubungan komunikasi yang mudah terjalin.

“Kami datang sama-sama dari satu generasi, tupoksinya kebetulan sama ngurus daerah, sama-sama gubernur, 50 persen Pak Anies, 50 persen Pak Ganjar, itulah cinta saya kepada beliau-beliau,” kata Kang Emil.

Baca Juga:  Cikalong Wetan Jadi Tolok Ukur Ketersediaan Air Bersih Di Bandung

Terkait dengan Pilpres 2024, Ridwan Kamil mendoakan siapa pun yang dipercaya maju dan terpilih agar bisa melaksanakan amanah dengan baik.

“Saya mendoakan siapa pun yang ditakdirkan mendapatkan sebuah amanah pada masa depan, saya akan bahagia sekali karena datang dari generasi yang sama,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan mengucapkan selamat di kolom komentar unggahan akun Instagram @ridwankamil mengenai penghargaan wajar tanpa pengecualian (WTP) 10 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Ridwan Kamil mengapresiasi kinerja berbagai pihak, termasuk Gubernur Jawa Barat sebelumnya, Ahmad Heryawan atau Aher.

Baca Juga:  Demiz Borong Keripik Nuning, Warga Pasar Cisalak Terharu

Ucapan itu pun ditanggapi oleh Ridwan Kamil yang sama-sama mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan. Saling balas apresiasi itu ditanggapi sebagian besar netizen agar keduanya bisa berpasangan pada Pilpres 2024.

Di kolom komentar, Anies Baswedan melalui akun @aniesbaswedan, kemudian mengucapkan selamat, “Selamat, Kang!” Walaupun singkat, komentar ini mendapat 1.284 likes dan ratusan komentar lanjutan dari netizen.

Ridwan Kamil kemudian mengucapkan hal serupa kepada Anies Baswedan karena DKI Jakarta telah mendapat 4 kali WTP. “@aniesbaswedan selamat juga untuk DKI Mas Anies. Mari saling menguatkan”. (Red)