Tiga Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan, Diantaranya Cegah Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Vernonia amygdalina Del atau yang biasa disebut Daun Afrika adalah tumbuhan semak yang berasal dari benua Afrika dan bagian lain dari Afrika, khususnya Nigeria, Kamerun dan Zimbabwe dan negara yang beriklim tropis salah satunya adalah Indonesia.

Namun, Tak banyak orang tahu bahwasanya Daun Afrika memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut terjadi karena kandungan nutrisi, antioksidan, dan berbagai zat di dalamnya.

Baca Juga:  Nyalip Dari Kiri, Pengendara Motor di Purwakarta Tewas Terlindas Truk Kontainer

Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat Daun Afrika yakni:

Pertama. Menurunkan gula darah – Berbagai riset menunjukkan bahwa daun afrika bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil tentunya hal tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tanaman herba ini juga dapat memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin dan menjaga efektivitas kinerja hormon tersebut. Efek tersebut menjadikan daun afrika baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan penyakit diabetes tipe 2.

Baca Juga:  Guru Harus Bijak, Ini Alasannya

Kedua. Menghambat pertumbuhan sel kanker – Sebuah penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak daun afrika dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker darah.

Tak hanya itu, daun afrika juga disebut dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi dalam pengobatan kanker. Meski demikian, manfaat daun afrika yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga:  Pemberian Materi Wasbang kepada Pelajar SDN Cisaat

Ketiga. Mengatasi penyakit cacingan – Manfaat daun afrika bagi kesehatan tubuh yakni mengatasi cacingan. Selain parasit Plasmodium, daun afrika juga diketahui bermanfaat dalam membunuh parasit jenis lain, yaitu cacing.

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak daun afrika terlihat dapat membasmi telur dan larva cacing yang dapat menyerang saluran cerna, misalnya cacing gelang dan cacing tambang. (Red)