Dalam Sejam Nias Barat Gempa Dua Kali, BPBD Ingatkan Hal Ini

JABARNEWS I NIAS BARAT – Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi dengan magnitudo 4,4 guncang Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (4/7/2021) pukul 20.34 WIB.

Kepala BMKG Wilayah I Medan, Hartanto mengatakan, episenter gempa  terletak pada koordinat 0.04 Lintang Utara dan 96.76 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 129 km Barat Daya, Nias Barat di kedalaman 51 Km.

Baca Juga:  BPBD Jabar Turunkan Tim Ke Lokasi Longsor Di Cisolok Sukabumi

“Malam ini terjadi dua kali gempa bumi di Kabupaten Nias Barat,” ucapnya.

Kata dia, sebelumnya terjadi gempa bumi magnitudo 3,5 di Nias Barat pada pukul 19.47 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 0.01 Lintang Utara dan 96.78 Bujur Timur pada jarak 130 Barat Daya, Nias Barat di kedalaman 55 Km.

Baca Juga:  Hiasi Rumah Kalian Dengan Tanaman Penyejuk Ruangan Ini

“Tidak ada laporan masyarakat merasakan guncangan, selain itu tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Terpisah, Kepala BPBD Nias Barat, Filifo Daeli mengatakan, pihaknya belum ada mendapat laporan dari masyarakat merasakan guncangan gempa bumi magnitudo 3,5 di Kabupaten Nias Barat.

“Dampak guncangan dari gempa bumi tidak dirasakan masyarakat, BPBD tetap melakukan pemantauan terkait gempa yang terus terjadi di Nias Barat,” ujarnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Kompetensi Guru, PKK Jabar Dukung Digitalisasi Sekolah

Dia minta masyarakat agar tidak menerima berita atau informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan terkait gempa bumi di Nias Barat. Namun apabila ada informasi gempa bumi, masyarakat agar tetap tenang dan waspada.

“Terkait isu gempa bumi yang tidak ada kebenarannya, masyarakat diminta agar tetap tenang dan waspada,” bilangnya. (Ptr)