Waspada! Ini Gejala Penyakit Tumor Otak Diantaranya Mual Dan Muntah

JABARNEWS | BANDUNG – Otak adalah organ yang berperan penting dalam mengatur berbagai sistem dalam tubuh. Fungsi otak mencakup pengaturan gerakan tubuh, suhu tubuh, dan produksi hormon.

Bukan hanya itu, otak juga mengendalikan emosi, ingatan, dan kecerdasan, serta menafsirkan informasi yang ditangkap oleh panca indra. Namun hal tersebut dapat terganggu apabila otak kita mengalami masalah seperti Tumor Otak.

Tumor otak adalah pertumbuhan sel tidak normal di otak. Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa gejala penyakit Tumor Otak yakni:

Baca Juga:  Ditkrimum Polda Jabar Ungkap Kasus Kepemilikan Bahan Peledak

Pertama. Sakit kepala Sakit kepala adalah gejala awal tumor otak yang dialami sekitar 50 persen penderitanya. Melansir Healthline, tumor otak dapat menekan saraf dan pembuluh darah di otak.

Dampaknya, penderita bisa merasakan sakit kepala. Ciri-ciri sakit kepala karena tumor otak biasanya berupa nyeri yang terus-menerus, serta tak gampang disembuhkan dengan obat penghilang rasa sakit. Sakit kepala karena tumor otak rasanya juga lebih menyakitkan ketimbang sakit kepala biasa, terutama di pagi hari.

Baca Juga:  Victor Igbonefo Sebut Tak Mudah Mengalahkan PSS Sleman

Kedua. Mual muntah – Mual dan muntah merupakan kondisi umum yang bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Artinya, saat mual dan muntah, bukan berarti Anda sedang mengidap tumor otak.

Saat tumor otak tumbuh menjadi lebih besar dan menguasai ruang-ruang yang ada di dalam kepala, akan terjadi tekanan di dalam tengkorak yang dapat menyebabkan rasa mual. Namun, kadar hormon yang berubah karena tumor juga bisa menimbulkan mual.

Baca Juga:  Waspada! Jabar Jadi Daerah Rawan Cuaca Ekstrem Beberapa Hari Kedepan

Ketiga. Kejang – Tanda tumor otak yang pantang diabaikan lainnya yakni kejang. Tumor otak bisa menekan sel saraf di otak, mengganggu sinyal kelistrikan otak, dan memicu kejang. Kejang biasanya jadi gejala awal tumor otak.

Namun, tanda-tanda ini juga bisa muncul di tahap lain penyakit. Namun, kejang tidak selalu jadi gejala tumor otak. Penyebab kejang lainnya bisa karena masalah saraf, penyakit otak, atau efek samping obat tertentu. (Red)