Beragam Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan, Diantaranya Hilangkan Rasa Cemas

JABARNEWS | BANDUNG – Pegagan atau Lat. Centella Asiatica merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara termasuk Indonesia dan biasanya dijadikan sebagai lalapan.

Selain terkenal sebagai lalapan Pegagan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut tentunya bisa kalian manfaatkan sebagai salah satu obat herbal penyakit.

Baca Juga:  Tiga Ciri Pasangan yang Sudah Menganggap Kamu Tidak Penting

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat daun Pegagan bagi kesehatan yakni:

Pertama. Membantu Meningkatkan Fungsi Kognitif – Melansir Healthline, sebuah studi kecil tahun 2016 membandingkan efek ekstrak pegagan dan asam folat dalam meningkatkan fungsi kognitif setelah seseorang terkena stroke.

Studi ini menilai dampaknya pada tiga kelompok peserta. Peserta pertama mengkonsumsi 1.000 mg pegagan per hari, yang kedua mengonsumsi 750 mg pegagan per hari, dan ketiga mengonsumsi 3 mg asam folat per hari.

Baca Juga:  Kemenkominfo Blokir Jutaan SIM Card

Kedua. Membantu Mengurangi Kecemasan – Daun pegagan juga disebut efektif dalam mengurangi kecemasan. Kandungan asam asetat di dalam tumbuhan ini akan mengontrol aktivitas GABA (gamma-aminobutyric acid) di dalam tubuh.

GABA adalah neurotransmitter untuk menghambat reaksi atau sinyal otak tertentu yang merugikan. Nantinya, asam asetat akan membantu penyerapan GABA oleh otak. Jadi, rasa cemas dan depresi bisa saja berkurang.

Baca Juga:  Horeee THR PNS Naik, Sekda: Tingkatkan Kinerja!

Ketiga. Meringankan Insomnia – Karena bekerja untuk menekan rasa cemas dan depresi, daun pegagan juga bisa membantu mengatasi gangguan sulit tidur (insomnia).

Demi mendapatkan tidur yang berkualitas, pastikan juga untuk mematikan ponsel serta mengatur pencahayaan dan suhu ruangan agar tidur Anda semakin nyenyak. (Red)