Hari Ini, Gempa Bumi Guncang Empat daerah di Sumatera Utara

JABARNEWS I KARO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis terjadi gempa bumi di sejumlah wilayah yakni di Kabupaten Karo, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Minggu (6/6/2021).

Dari data BMKG, gempa bumi dengan magnitudo 2.1 guncang Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (6/6/2021) pukul 02.00 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 2.93 Lintang Utara dan 98.53 Bujur Timur pada jarak 19 Km Tenggara, Karo di kedalaman 10 Km.

Baca Juga:  Dampak Covid-19, Teknologi Konferensi Video Sangat Dibutuhkan Komunitas Bisnis

Kemudian gempa bumi bermagnitudo 2.0 guncang Kabupaten Toba Samosir, pada pukul 03.16 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 2.46 Lintang Utara dan 98.84 Bujur Timur pada jarak 20 Km Barat Laut, Toba Samosir di kedalaman 10 Km.

Disusul gempa bumi dengan magnitudo 2.2 guncang di Kabupaten Samosir pada pukul 04.41 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 2.54 Lintang Utara dan 98.80 Bujur Timur pada jarak 14 Km Tenggara, Samosir di kedalaman 5 Km.

Baca Juga:  Tiga Daerah Ini Terberat, Rumker Berbagi Tips Menangkan Suara

Terakhir, Kabupaten Tapanuli Utara bermagnitudo 3.2 pada pukul 11.15 WIB dengan episenter gempa terletak pada koordinat 1.97 Lintang Utara dan 99.01 Bujur Timur pada jarak 7 Km Tenggara, Tapanuli Utara di kedalaman 119 Km.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto, membenarkan terjadinya gempa bumi dengan skala kecil di sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Utara, Guncangan gempa tidak dirasakan masyarakat dan tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga:  Aspirasi Tak Ditanggapi, GP Ansor Segel Gedung DPRD

“Ada 4 daerah yang diguncang gempa, tidak ada laporan masyarakat yang merasakan guncangan gempa,” ucapnya.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanael Perangin angin mengatakan, gempa bumi dengan magnitudo 2.1 tidak dirasakan masyarakat. Tapi dia tetap menghimbau masyarakat yang tinggal di pinggir perbukitan atau tebing agar waspada terhadap guncangan gempa.

“Tidak dirasakan, tapi kita himbau masyarakat tetap waspada terutama yang tinggal di sekitar perbukitan atau tebing mengantisipasi terjadi longsor,” bilangnya. (Ptr)