Ada 41 Warga yang Positif Covid-19, Kampung Ini Di-Lockdown

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Di satu RW terdapat 41 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni di Kampung Ciburial, RW 3, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Pemerintah Desa Cibogo pun melakukan karantina wilayah (lockdown) di kampung tersebut. Sebelumnya, warga di Kampung Ciburial yang terkena Covid-19 berjumlah 26 orang. 

Berdasarkan data Puskesmas Cikole, saat ini total warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di kampung tersebut menjadi 41 orang, seiring dengan hasil swab test yang keluar para pemilik kontak erat. 

“Berdasarkan data terbaru hari Minggu (6/6/2021) malam, itu yang positif bertambah menjadi 41 orang atau ada penambahan sebanyak 15 orang,” kata Kepala Puskesmas Cikole Iyan Hartono, Senin (7/6/2021).

Baca Juga:  Kartunis Penghina Nabi Muhammad, Lars Vilks Tewas Kecelakaan Bertabrakan dengan Truk

Saat ini, terang dia, warga yang terpapar positif Covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri di kediamannya masing-masing. Mereka hanya mengalami gejala ringan seperti batuk dan pilek.

“Masih perlu isolasi sampai 14 hari, sekarang baru empat hari jadi masih agak panjang waktu isolasi mandirinya. Namun, kondisinya tidak ada yang parah, hanya gejala ringan,” terangnya. 

Dia menambahkan, Puskesmas Cikole masih melakukan tracing kontak erat lainnya, setelah diketahui ada 39 warga yang memiliki kontak erat dengan warga yang lebih dulu positif Covid-19. 

Baca Juga:  Kericuhan Pedagang Pasar Lelo Ricuh Saat Penyekatan, Ini Kata Polisi

Sekretaris Desa Cibogo Abdul Syukur menyatakan, pemerintah desa terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Di antaranya dengan menyosialisasikan protokol kesehatan.

“Ya, yang positif itu terus bertambah. Kami sedang terus mengupayakan pencegahan penyebarannya, dengan semakin masif menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

“Termasuk dengan menghentikan sementara kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, seperti pengajian dan sholat jumat,” sambungnya.

Dia menambahkan, karantina wilayah atau lockdown juga dilakukan di Kampung Ciburial. Akses keluar masuk warga saat ini telah dibatasi.

“Jalan masuk itu dijaga oleh karang taruna, anak-anak muda. Orang luar untuk sementara tidak boleh masuk, terus orang yang di dalam juga untuk sementara tidak boleh keluar kalau memang tidak begitu penting,” katanya.

Baca Juga:  Tahun Baru, Telkomsel Siapkan Bandwith 4,2 Tbps

Pemerintah Desa Cibogo maupun BPBD Bandung Barat kemudian membantu kebutuhan pangan warga yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

“Kami juga menyuplai sembako bagi setiap keluarga yang terpapar Covid-19, selain pula ada bantuan dari warga juga,” katanya.

Dia menambahkan, pemerintah desa bersama unsur terkait juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan terhadap rumah-rumah warga. Bukan hanya di RW 3 yang terdapat puluhan warga yang positif Covid-19, tetapi juga di semua RW di Desa Cibogo. (Yoy)