Soal Haji, Ridwan Kamil: Pemerintah Pusat Cobalah Sekali Lagi Melobi

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengusulkan agar pemerintah pusat untuk bernegosiasi kembali dengan Pemerintah Arab Saudi terkait batalnya keberangkatan ibadah haji tahun 2021.

“Jika masih ada waktu dan kesempatan, saya memohon pemerintah pusat cobalah sekali lagi melobi. Mengapa, karena saya meyakini pemerintah Saudi sahabat bangsa Indonesia,” kata Ridwan Kamil di Bandung, Senin (7/6/2021).

“Selama kita bisa meyakinkan protokol kesehatan, terseleksi, sudah divaksinasi, dites PCR dan lain-lain, saya kira bisa lah sekian persen yang diberangkatkan jangan nol sama sekali,” sambung Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Latihan PBB Tingkatkan Kedisiplinan Pelajar

Ridwan Kamil meyakini, pemerintah Arab Saudi masih memberi peluang bagi jamaah haji Indonesia untuk berangkat ke Tanah Suci dan selama pemerintah Indonesia bisa menjamin protokol kesehatan para jamaah.

“Semoga ikhtiar diplomatik ini masih bisa diupayakan sebelum betul-betul final bahwa dari Arab Saudi menolak, tapi saya berdoa harapan itu masih dibuka,” kata Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Ramai di Media Sosial, Polisi Usut Kasus Pembakaran Al Quran

Ridwan Kamil merasa sedih atas pembatalan haji tersebut terlebih dirinya sudah merencanakan untuk menjadi jamaah haji sejak dua tahun lalu.

“Dan secara pribadi saya sangat sedih karena ini kali kedua kita tidak bisa melaksanakan haji apalagi umrah. Apalagi sejak tahun lalu saya sudah persiapan jadi Amirul Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil. 

Baca Juga:  Waduh, Mantan Pegawai Bank Ini Alih Profesi Jadi Bandar Uang Palsu

Oleh karena itu, Ridwan Kamil meminta para jamaah yang gagal berangkat haji agar tetap berlapang dada dan bersabar.

“Saya harap mereka yang sudah siap sesuai jatahnya harus ikhlas dan bersabar karena bagaimanapun qodarullah seperti ini,” kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun 1442 hijriah atau 2021 masehi. (Red)