JMN Channel


Tiga Mantan Kades di Cianjur Korupsi Dana Desa, Negara Rugi Miliaran Rupiah

Salah seorang kepala desa yang ditahan Polres Cianjur karena korupsi dana desa. (Foto: Antara)

JABARNEWS | CIANJUR - Polres Cianjur mencatat selama enam bulan terakhir, tiga mantan kepala desa di Cianjur, ditangkap terkait kasus tindak pidana korupsi dana desa sehingga negara mengalami kerugian dengan total miliaran rupiah.

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai di Cianjur Selasa (8/6/2021), mengatakan ketiga mantan kepala desa tersebut, sebagian besar menggunakan dana bantuan dari pemerintah pusat itu untuk memperkaya diri sendiri termasuk untuk membeli kendaraan dan lain-lain.

Baca Juga:

Karena Ini, Pemkab Cianjur Diminta Berdayakan Mantan Pekerja Migran

BPBD Cianjur: Pergerakan Tanah dan Puting Beliung Picu Belasan Rumah di Cibeber Rusak



"Yang terbaru kami menangkap mantan Kepala Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, DS. Dia telah menggelapkan uang dana desa sebesar Rp362.200.000. Dana yang seharusnya digunakan untuk sejumlah pembangunan di desa dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) digunakan untuk memperkaya diri," katanya, dikutip dari Antara.

Setelah dilakukan penyelidikan dan meminta keterangan saksi-saksi dan bukti serta meminta keterangan dari pelaku yang langsung ditetapkan sebagai tersangka. Petugas juga menyita sejumlah berkas buku APBDes tahun 2017 dan 2018, dua surat perintah pencairan dana desa tahun 2017 dan 2018.

Serta dua foto copy SPJ Bumdes fiktif tahun 2017 dan 2018, foto copy rekening pencairan dana, foto copy surat pembentukan Bumdes dan surat pengangkatan Kades miliknya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Cianjur Dana Desa Korupsi Kades Kepala Desa Kapolres Cianjur Mochamad Rifai Bumdes

berita terkait

Pemprov Jabar Diminta Tingkatkan Produksi Pangan dan Peternakan

Sidak PTM, Bupati Cianjur Kaget Ada Siswa SD Lupa Membaca

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi