Menikmati Lezatnya Lumpia Basah Sebagai Street Food Khas Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Selain seblak, di Bandung banyak terdapat jajanan yang tak kalah nikmat dan khas seperti Batagor, siomay hingga Lumpia basah yang sering dibeli oleh kalangan remaja.

Lumpia basah yang merupakan Street food khas Bandung ini memiliki perbedaan dengan Lumpia Khas Semarang. lumpia basah versi Bandung menggunakan bengkuang, tauge, telur, dengan saus kental.

Yang menarik dari gerobak yang menjajakan lumpia basah adalah isiannya yang ditumis dadakan lalu langsung disajikan. Satu buah lumpia disajikan untuk satu porsi.

Baca Juga:  KPU Sebut Mantan Koruptor Boleh Calonkan Diri Jadi Kepala Daerah dan Caleg

Karena isiannya yang cukup banyak, biasanya akan membutuhkan satu atau beberapa lembar kulit lumpia supaya bisa tergulung Selain itu diameter kulit lumpia khas Bandung biasanya lebih lebar supaya bisa membungkus isinya.

Di pasaran, ada dua jenis kulit lumpia, yaitu kulit lumpia yang tipis dan berwarna putih yang biasa terpakai untuk lumpia dan risol. Ada juga kulit lumpia yang lebih tebal dan biasa untuk hidangan Asian spring roll dan samosa. Kalau tidak mendapatkan kulit lumpia yang lebar, gunakan beberapa kulit lumpia tipis dan tata bertumpuk sehingga diameternya lebih lebar.

Baca Juga:  Seperti Istana Bogor, Pemprov Jabar Berencana Pelihara Rusa di Gedung Sate

Gaya menyajikan lumpia basah juga semakin berkembang dengan tambahan topping seperti daging ayam, sosis, dan bakso. Bukan hanya itu, lumpia bukan sebagai kulit tetapi sebagai alas sehingga bisa tersajikan terbuka.

Baca Juga:  Penyampaian Wasbang kepada Santri Mushola Nurul Hikmah

Selain itu untuk bisa mencicipi Lumpia Basah sebagai jajanan Khas Bandung Kalian juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Hal itu karena bahan-bahan yang dibuat lumpia basah ini terbilang cukup mudah ditemui. (Red)