Waduh! Puluhan Tenaga Kesehatan di RSHS Bandung Terpapar COVID-19

JABARNEWS | BANDUNG – Puluhan tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat terpapar COVID-19.

Plh Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS Bandung, dr Yana Akhmad Supriatna mengatakan, saat ini tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 sudah mendapatkan penanganan sesuai dengan keluhan yang dialami.

“Di hari ke 8 Juni 2021 sudah 23 (tenaga kesehatan) terpapar COVID-19. Walau demikian tidak semua menjalani perawatan di rumah sakit.  Kasusnya tanpa gejala atau ringan,” kata Yana Akhmad Supriatna, Selasa (8/6/2021), dikutip dari Antara.

Baca Juga:  Peran Pengacara Negara Harus Dioptimalkan Instansi Pemerintah

Yana Akhmad Supriatna mengatakan, hal ini merupakan bagian dari peningkatan kasus yang terjadi pasca Idul Fitri atau Lebaran 2021.

Walaupun demikian, dia memastikan pelayanan RSHS Bandung tidak terganggu dengan temuan kasus tersebut karena puluhan tenaga kesehatan tidak dalam satu unit pelayanan kerja.

Baca Juga:  Kasus Sunda Empire, Kuasa Hukum: Diselesaikan Secara Dialog Saja

Selain itu, manajemen RSHS Bandung juga sudah melakukan upaya agar penyebaran virus di kalangan internal pegawai tidak meluas.

“Mudah-mudahan tidak ada lonjakan atau tutup satu layanan,” kata Yana Akhmad Supriatna.

Saat ditanyakan tentang peningkatan kasus berpengaruh pada tingkat keterisian tempat tidur pasien, saat ini, dari 224 tempat tidur yang tersedia sudah terisi sebanyak 112 pasien COVID-19.

Baca Juga:  Corona di Jabar Mengganas, Kini Giliran Sekda Jabar Terkonfirmasi Positif

Sedangkan keterisian tempat tidur pasien COVID-19 yang kritis di ruang intensif sebanyak 34 tempat tidur dari 40 unit yang ada.

Kurang lebih sudah mencapai 90 persen tempat tidur di ruang intensif yang terisi sedangkan dua tempat tidur lainnya disiapkan untuk cadangan.

“Antisipasi jika terjadi lonjakan kasus dengan menambah sarana dan prasarana. Termasuk menambah ruang isolasi bagi pasien COVID-19,” kata dia. (Red)