Ragam Kesenian Dan Budaya Suku Sunda Di Jawa Barat, Diantaranya Tari Jaipong

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai salah satu suku yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat, Suku Sunda terkenal dengan keberagaman budaya dan kesenian yang cukup populer.

Ada banyak budaya dan kesenian yang sering dipentaskan di beberapa acara tertentu, bahkan sebagian diantaranya terbilang cukup menarik untuk kita lihat.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa kesenian dan budaya suku Sunda di Jawa Barat yakni:

Baca Juga:  Ridwan Kamil Wajarkan Anggaran Sewa Helikopter Rp600 Juta

Pertama. Wayang Golek – Wayang Golek adalah kesenian tradisional dari Jawa Barat yakni kesenian yang menampilkan serta membawakan jalur satu narasi yang bersejarah.

Wayang Golek ini tampilkan golek yakni seperti boneka yang dibuat dari kayu yang memainkan tokoh khusus dalam narasi pewayangan dan dimainkan oleh seorang Dalang serta disertai oleh nyanyian dan iringan musik tradisional Jawa Barat yang disebutkan dengan degung.

Baca Juga:  Tahun 2020, Spotify Hentikan Sementara Iklan Politik

Kedua. Jaipong – Jaipong adalah tarian tradisional dari Jawa Barat, yang umumnya tampilkan penari dengan memakai baju ciri khas Jawa Barat yang disebutkan kebaya, dan disertai musik tradisional Jawa Barat yang disebutkan Musik Jaipong.

Jaipong ini umumnya dimainkan oleh seseorang atau sekumpulan penari yang menarikan gerakan – pergerakan ciri khas tari jaipong. Selain itu, tari tradisional jawa barat ini cukup terkenal.

Baca Juga:  Jelang Laga Perdana Liga 1, Persib Gelar Dua Laga Ujicoba

Ketiga. Degung – Degung sesuatu kesenian sunda yang biasanya dimainkan pada acara hajatan. Kesenian degung ini dipakai jadi musik pengiring atau pengantar dalam beberapa pementasan kesenian tradisional jawa barat.

Degung ini adalah kombinasi dari perlengkapan musik ciri khas Jawa Barat yakni, kendang, goong, kempul, saron, bonang, kacapi, suling, rebab, dan lain-lain. (Red)