Begini Cara Merawat Mobil Yang Jarang Digunakan Dan Tersimpan Di Garasi

JABARNEWS | BANDUNG – Mobil yang lama menganggur di Garasi tentunya membutuhkan Perawatan agar tidak mengalami kerusakan. Hal tersebut terjadi karena menghindari pengendapan terhadap oli dan bensin pada mesin mobil.

Maka dari itu, meskipun Mobil anda lama menganggur di garasi, tapi tetap harus perhatikan kondisi Kendaraan sehingga tidak terjadi kerusakan ketika akan digunakan kembali.

Karena hal tersebut, berikut beberapa cara perawatan mobil yang sudah lama di garasi yakni:

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Corona B117, Bandara Husein Sastranegara Perketat Pengawasan

Pertama. Panaskan mesin minimal dua kali dalam seminggu – Meskipun Mobil anda tidak digunakan dalam waktu yang lama, tapi menyalakan dan memanaskan mesin secara rutin merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Tujuannya agar seluruh komponen mesin di dalam Mobil tidak karatan akibat mesin yang tidak terlumasi oli. Selain itu, menyalakan Kendaraan anda akan menjaga performa baterai atau aki tetap berfungsi normal.

Baca Juga:  Duh.. BUMDes di Karawang Mati Suri, Salah Siapa?

Kedua. Rajin mengganti oli mesin – Sama seperti pentingnya untuk tetap menyalakan dan memanaskan mesin, meski dalam kondisi didiamkan lama di garasi, oli mesin menjadi hal penting yang harus diperhatikan kondisinya.

Cek apakah volume oli di dalam mesin sudah cukup atau penuh, jangan sampai ada sisa ruang di dalam mesin yang bisa menyebabkan terjadinya lembab sehingga dapat merusak komponen mesin.

Ketiga. Cabut baterai atau aki mobil – Pastinya anda tidak ingin ketika Mobil ingin dipanaskan ternyata sulit untuk dinyalakan karena biasanya komponen kelistrikan pada Mobil mengalami rusak. Penyebabnya yakni kutub aki yang tidak dilepas selama Mobil dibiarkan mati dalam kondisi yang lama.

Baca Juga:  Atap SMPN 2 Plumbon Ambruk Timpa Belasan Siswa

Oleh karena itu, sebaiknya anda mencabut kutub aki ketika Mobil tidak sedang digunakan untuk menghindari terjadinya kerusakan atau korsleting pada sistem komponen listrik Mobil anda. (Red)