Live Stream Bandung 132 TV


Asal-Usul Karedok Sebagai Salah Satu Kuliner Khas Jawa Barat

Kuliner Jawa Barat Karedok (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Asal usul nama ‘Karedok’ berawal dari sebuah perkampungan yang bernama Desa Karedok. Desa itu terletak di seberang Sungai Cimanuk yang berada di wilayah Sumedang Larang atau Negara Mayeti.

Karedok sendiri adalah makanan khas Jawa Barat yang dikonsumsi dalam keadaan segar. Artinya makanan itu tersaji tanpa melalui pemasakan. Itu yang membuatnya memiliki kandungan gizi dan seratnya sangat padat.

Baca Juga:

Ini Tiga Manfaat Lari Pagi Sebelum Sarapan

Bank Bjb, Baznas Jabar & Grab Kerjasama Kembangkan Cashless Society Berbasis QRIS



Sebagaimana dilansir dari bandungnews.id Desa Karedok berada di Kecamatan Jati Gede, Kabupaten Sumedang. Desa itu memiliki luas wilayah Desa 926 ha. Terdiri atas berbagai jenis lahan, yang peruntukannya meliputi permukiman umum 11 ha, bangunan sekolah 0,10 ha.

Di desa itu juga terdapat sejumlah tempat yang mengisi luas wilayah. Di antaranya peribadatan (masjid) 0,020 ha, sawah pengairan setengah teknis 145 ha, sawah tadah hujan 70 ha, ladang atau tanah darat 39,35 ha dan hutan asli 305,5 ha.

Dahulu Saat Sumedang dipimpin oleh seorang Bupati yang bernama Pangeran Suriat Atamaja yang senang “Ngalintar” (menangkap ikan di sungai dengan menggunakan jala atau kecrik). Ketika ngalintar lagi di Leuwi Kiara yang merupakan aliran sungai Cimanuk.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Karedok Kuliner Jawa Barat asal-usul Karedok Wisata Kuliner Kuliner Sunda Kabupaten Sumedang Jabarnews

berita terkait

Tiga Cara Memilih Peralatan Dapur Untuk Rumah

Wisata Kampung Naga Tasikmalaya Dikunjungi Saat Liburan Selepas PPKM

Begini Cara Mendidik Anak Agar Bijak Kelola Sampah Sejak Dini

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi