Manfaat Biji Labu Kuning Bagi Tubuh, Diantaranya Menangkal Radikal Bebas

JABARNEWS | BANDUNG – Labu kuning adalah tumbuhan yang biasa diolah menjadi sayur, atau sebagai bahan dasar membuat kue. Tidak hanya buahnya, biji labu kuning ternyata juga sangat berharga.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), setiap dua sendok makan biji labu kuning (sekitar 28 gram) mengandung 163 kalori, 4 gram karbohidrat, 8 gram protein, dan 8 persen kebutuhan zat besi sehari-hari. Biji labu juga merupakan sumber magnesium, seng, tembaga, dan selenium yang baik.

Baca Juga:  Kepala Dinas Kesehatan Sergai Terkonfirmasi Positif Covid-19

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat dari biji labu kuning yakni:

Pertama. Menangkal Radikal Bebas – Biji labu kuning kaya akan fitoestrogen, yang bermanfaat sebagai antioksidan yang hebat. Komponen fitoestrogen biji labu kuning adalah secoisolariciresinol dan lariciresinol.

Kemampuan menangkal radikal bebas ini juga ditunjang oleh tingginya kandungan vitamin E pada biji labu kuning. Tentunya hal tersebut bisa kalian coba sebagai salah satu penangkal radikal bebas.

Baca Juga:  Pasar Tagog Padalarang Akan Mulai Dibangun, Ini Tempat Relokasi Pedagang

Kedua. Mencegah Penuaan Dini – Manfaat biji labu kuning untuk kecantikan yangs elanjutnya yakni mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan biji labu kuning kaya akan kandungan vitamin E, seperti alfa-tokoferol dan gamma-tokoferol, yang merupakan antioksidan super.

Vitamin E yang terdapat pada biji labu kuning bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi. Untuk itu, kandungan-kandungan ini menjaga sel agar tidak cepat rusak dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga:  Daerah Zona Merah Covid-19 di Kabupaten Bogor Terus Bertambah

Ketiga. Baik untuk Kesehatan Hati dan Jantung – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa omega-3 pada biji labu kuning dapat menurunkan risiko trombosis dan aritmia, yang menyebabkan serangan jantung, stroke, dan kematian jantung mendadak.

Selain itu, omega-3 pada biji labu kuning juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi plak pada dinding arteri, serta memperbaiki fungsi endotel (ukuran kesehatan peredaran darah). (Red)