Ini Bahaya Yang Bisa Mengintai Kalian Jika Sering Begadang

JABARNEWS | BANDUNG – Terlalu sering begadang membuat seseorang kurang tidur. Jika dilakukan sesekali saja tidak masalah. Namun jika terlalu sering, ada banyak sekali dampak kesehatan yang bisa saja terjadi.

Beberapa di antaranya adalah penurunan daya ingat, berat badan, kehidupan seksual, serta kesehatan. Kurang tidur bukanlah hal yang bisa disepelekan begitu saja. Normalnya seseorang memiliki waktu tidur selama 7–9 jam per hari.

Baca Juga:  Catat! Lokasi Layanan SIM Keliling Polrestabes Bandung Pekan Ini

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa bahayanya begadang bagi kesehatan yakni:

Pertama. Gangguan Mental – Tidur dibutuhkan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik dan benar. Dengan tidur cukup, Anda mampu berkonsentrasi dan melakukan aktivitas secara lebih produktif.

Apabila seseorang kekurangan tidur, kemampuan mental dan keadaan emosional dapat terganggu. Anda dapat berhalusinasi seperti melihat atau mendengar sesuatu yang sebetulnya tidak ada, atau mengalami episode mania pada seseorang dengan gangguan bipolar.

Baca Juga:  Pilkades Serentak di Cianjur Digelar Hari Ini

Kedua. Sulit Konsentrasi – Bahaya begadang bagi tubuh yang pertama adalah sulit berkonsentrasi. Memiliki waktu tidur yang cukup dapat bermanfaat bagi proses berpikir dan belajar.

Kurangnya waktu tidur dapat menurunkan kewaspadaan, konsentrasi, nalar serta kemampuan memecahkan masalah. Bukan itu saja, kurang tidur juga dapat menurunkan daya ingat seseorang.

Baca Juga:  Banjir Lahar Dingin Di Karo, Satu Hektar Lahan Pertanian Rusak

Ketiga. Stroke – Begadang berakibat pada pembuluh darah yang tidak berfungsi secara optimal. Karena itu, penyakit akibat begadang yang dapat muncul, salah satunya adalah stroke.

Tentunya penyakit stroke dapat dicegah dengan memperhatikan gaya hidup Anda, seperti kualitas serta kuantitas tidur. Hal tersebut bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. (Red)